Studi Keruntuhan dan Kinerja Struktur Jembatan Rangka Baja Tipe Pratt
Abstract
Keruntuhan jembatan di Indonesia sering terjadi, hal tersebut dikarenakan bisa menimbulkan korban serta kerugian finansial. Salah satu penyebab keruntuhan struktur jembatan adalah dilewati oleh beban yang berlebihan. Maka dari itu diperlukan pemeliharaan jembatan dan mengetahui mekanisme keruntuhan yang terjadi untuk meminimalisir terjadinya keruntuhan jembatan. Dalam Analisa ini diberi pola beban vertical static secara bertahap pada struktur dan ditingkatkan factor pengali sampai target perpindahan vertical dari titik acu. Hasil studi ini menunjukkan bahwa model jembatan rangka baja tipe pratt kegagalan terjadi pada batang bawah tengah jembatan dengan nilai daktilitas aktual sudah memenuhi perstaratan SNI 2833-2016 tentang perencanaan jembatan terhadap beban gempa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Standar Nasional Indonesia 1725:2016. (2008). Pembebanan Untuk Jembatan. Badan Standarisasi Nasional.
Standar Nasional Indonesia 2833:2016. (2016). Perencanaan Jembatan Terhadap Gempa.. Badan Standarisasi Nasional.
Istiono, H., & Propika, J. (2017). Analisa Non-Linier Pada Mekanisme Keruntuhan Jembatan Rangka Baja Tipe Pratt. Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, 2(1).
Istiono, H., & Susanti, E. (2019). Pola Keruntuhan Jembatan Rangka Menerus Tipe Waren. Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, 3(2).
Istiono, H. (2016). Mekanisme Keruntuhan Pada Jembatan Rangka Baja : pushover analysis, stell truss bridge, failure mechanism, dictility (Publication No. RC 142501) [Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya]. https://repository.its.ac.id/76113/1/3114202009-Master_Thesis.pdf
Atika, E. (2018). Analisis Variasi Tinggi Rangka Batang Pada Jembatan Rangka Baja Tipe Pratt (Publication). Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5822?show=full
Supriyadi, B., & Muntohar, A, S. (2007). JEMBATAN: Yogyakarta, Beta Offset
Refbacks
- There are currently no refbacks.