PENINGKATAN NILAI JUAL INDUSTRI RUMAHAN PRODUK KREATIF MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI

Ruli Utami

Abstract


Produk kreatif merupakan usaha yang di tekuni oleh dua warga desa Karang Wedoro, Lamongan. Dalam menjalankan usaha tersebut, ruang lingkup area pemasaran kedua produk kreatif tersebut diatas masih sangat terbatas, hanya pada Turi saja. Masalah kedua, industri rumahan ini juga terkendala pada manajemen administrasi keuangan yang masih manual. Hal ini menyebabkan ketidakjelasan omset yang di dapatkan. Masalah ketiga adalah buntunya ide terkait pengembangan jumlah jenis dan desain produk. Oleh karena itu, kami menawarkan solusi kemitraan untuk mengatasi masalah tersebut diatas. Solusi pertama adalah dengan menyediakan tempat memasarkan produk kreatif industri rumahan secara online melalui website pemasaran secara online, solusi kedua adalah dengan memberikan pelatihan MS. Office dan pembukuan untuk menertiban administrasi keuangan, dan solusi ketiga adalah dengan memberikan pelatihan penerapan Iptek untuk peningkatan jumlah jenis dan desain produk kreatif. Dengan begitu, diharapkan akan ada peningkatan jangkauan area pemasaran. Dari segi manajemen administrasi keuangan, di harapkan pelaku industri sudah dapat memiliki pembukuan yang terkomputerisasi. Dan dari segi produksi, di harapkan akan ada peningkatan jenis produk minimal dua jenis produk pertahun dan satu desain perbulan.

Keywords


Produk Kreatif; Tas Anyaman Plastik; Penjualan Online; Bunga Artificial

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Kabupaten Lamongan, “Profil Desa Karang wedoro” [Online]. Available: http:// lamongankab.go.id/turi/category/desa/karangwedoro/profil-desa-karangwedoro.

Y. Sofiana, “ Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Alternatif Bahan Pelapis (Upholstery) Pada Produk Interior”, Jurnal INASEA, Vol.11 No.2, Hal 96-102 Oktober 2010.

R. A. Supriaji et al., “ Upaya Peningkatan Kualitas Tas Produk Anyaman Plastik di Industri Tas Anyaman Plastik Kabupaten Ngawi”, Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, Vol.13 No.1, Hal. 17, 2014.

Suandi et al., “Kerajinan Anyaman Pandan Kota Sungai Penuh”, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol.31 No.2, Hal 25, April 2016.

Nuryanti, “Analisis Pengembangan Usaha Anyaman Pandan dengan Value Chain Analisys : Studi Kasus Pada Sentra Anyaman Pandan Karya Bersama Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau”, Jurnal Ekonomi, Vol.18 No.2, Hal 108, Juni 2010.

E. Yuliawati et al., "Peningkatan Kapasitas Produksi Dan PenyediaanMedia Pemasaran Sepatu Bordir Untuk Pengrajin Di Kabupaten Sidoarjo", Jurnal Teknik Industri, Volume : 19 Nomor 01, Hal. 1, Maret 2016.

A. Budianto et al., “Peningkatan Export Produk Berbahan Kertas Bekas Semen di Surabaya Jawa Timur”, Proceding SNTEKPAN V, Hal. E-7, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.