ANALISA SEGMENTASI KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING
Sulistyowati Sulistyowati, Basma Eno Ketherin, Amalia Anjani Arifiyanti, Anwar Sodik
Abstract
Segmentasi konsumen adalah sebuah strategi yang dilakukan dengan membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok konsumen yang berbeda yang memiliki karakteristik, perilaku, atau kebutuhan yang berbeda. Segmentasi konsumen ini penting karena dapat digunakan sebagai data pendukung untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien bagi supervisor marketing dalam kegiatan promosi penjualan produk. Untuk menentukan segmentasi konsumen, dilakukan dengan clustering yaitu dengan cara mengelompokkan data berdasarkan karakterisrik konsumen. Sehingga pada penelitian ini, proses clustering dilakukan dengan cara mengelompokkan data konsumen berdasarkan tiga atribut yaitu, jenis motor,jenis pembelian dan pekerjaan. Data yang digunakan adalah data penjualan sepeda motor pada dealer Honda. Proses pengelompokan konsumen dilakukan dengan menggunakan Algoritma K-Means. Algoritma ini bekerja dengan cara membagi data dalam k cluster. Setiap cluster ditentukan atas kedekatan jarak tiap?tiap data dengan titik tengahnya (mean point). Dari hasil perbandingan aplikasi dengan menggunakan software SPSS diperoleh hasil selisih dari masing-masing cluster dengan jumlah rata-rata 7%. Hal ini disebabkan karena centroid awal yang dipilih secara acak.
Keywords
segmentasi; karakteristik konsumen; k-means clustering
References
Oscar, Johan Ong.(2013). Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University. Bekasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.12, No.1
Rahayu, Ekawati. (2008). Manajemen Pemasaran Buku Daros. Kudus : STAIN
Pratomo, Suwarsito,dkk (2015). Analisis Regresi Dan Korelasi Antara Pengunjung Dan Pembeli Terhadap Nominal Pembelian Di Indomaret Kedungmundu Semarang Dengan Metodr Kuadrat Terkecil. Semarang : Jurnal Teknik Informatika
Budiman, Irwan. (2012). Data Clustering Menggunakan Metodologi Crisp-DM Untuk Pengenalan Pola Proporsi Pelaksanaan Tridharma. Semarang :Tesis Sistem Informasi
Ardhyanti, Joanna & Kusumawati, Yupie. (2014). Data Mining Dengan Metode Clustering Untuk Pengolahan Informasi Persediaan Obat Pada Puskesmas Pandanaran Semarang. Semarang : Jurnal Sistem Informasi
Agusta, Y. (2007). K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika, Vol. 3: 47-6
Ong, Johan Oscar. (2013). Implementasi Algoritma K Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President University. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.12, No.1, ISSN 1412-6869