PEMBUATAN ALAT PENYORTIR TERUNG OTOMATIS BERDASARKAN UKURAN BAGI PRODUSEN BAHAN BAKU TERUNG KERING DI KELURAHAN SUKOLILO BARU BULAK SURABAYA

Titiek Suheta, Riza Agung Firmansyah, Bagus Priyo Raharjo, Syahri Muharom

Abstract


Kelurahan Sukolilo Baru terletak pada Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Sebagian besar warga pada Kelurahan Sukolilo Baru adalah sebagai penjual produk dari olahan laut seperti, terung, tripang, lorjuk dll. Pada Program Kemitraan Masyarakat ini bekerjasama dengan mitra yang penmasok bahan baku olahan laut. Dalam program ini hasil laut yang dijadikan fokus adalah terung. Salah satu kendala yang dihadapi mitra adalah proses sortir terung yang masih manual sehingga memakan waktu yang cukup lama. Padahal proses pengolahan terung memakan waktu hingga seminggu dengan proses sortirnya selama satu hari. Jika alat sortir dilakukan secara otomatis menggunakan alat maka proses ini bisa dipercepat. Dari dasar tersebut maka dibuat sebuah alat sortir terung otomatis. Alat tersebut bekerja dengan cara memilah terung berdasarkan ukuran. Pemilah adalah sebuah palang yang ketinggianya diatur sesuai ukuran terung. Agar terung dapat bergerak menuju bak penampungan, alat sortir dilengkapi dengan motor vibrasi yang dapat diatur kekuatan getaranya. Dari pengujian alat didapatkan tingkat keberhasilan dalam memilah terung berdasarkan ukuran mencapai 80%. Pengamatan dampak secara ekonomis belum dilakukan hingga tahap ini karena keterbatasan waktu. Namun penerapan alat ini diharapkan dapat menaikan kapasitas produksi hingga 20%. Kata kunci: Alat sortir terung otomatis, olahan hasil laut, terung.

Full Text:

PDF

References


N. SARI and EKA, “PARTISIPASI PEDAGANG DALAM PENGEMBANGAN SENTRA IKAN BULAK (SIB) DI KECAMATAN BULAK KOTA SURABAYA,” Publika, vol. 5, no. 1, 2017.

TribunJatim, “Kerupuk Ikan Nelayan Kenjeran Jadi Oleh-oleh Khas Surabaya Paling Laris Diburu Saat Arus Balik - TribunJatim.com,” 2018. [Online]. Available: http://jatim.tribunnews.com/2018/06/20/kerupuk-ikan-nelayan-kenjeran-jadi-oleh-olehkhas-surabaya-paling-laris-diburu-saat-arus-balik. [Accessed: 29-Jul-2018].

. Rangkuti Freddy, 1997, Riset Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

. www.indotrading.com/mesinpengolahikan ikan

. https://infopeluangusaha.org/usaha-kerupuk-rumahan-jangan-pernah-meremehkanusaha-kecil-ini

. http://yuniarinukti.com/3264/sentra-ikan-bulak-pusat-wisata-kampung-nelayan-bulaksurabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.