PENGARUH VARIASI UKURAN PARTIKEL BRIKET TERHADAP KERAPATAN, KADAR AIR, DAN LAJU PEMBAKARAN PADA BRIKET KAYU SENGON

Asep Priyanto, Hantarum Hantarum, Sudarno Sudarno

Abstract


Pemanfaatan biomassa kayu sengon sebagai bahan bakar pengganti minyak bumi dan gas diperlukan teknologi pembriketan. Pembriketan kayu sengon mampu mengubah limbah menjadi bahan bakar dengan efisiensi konversi cukup baik, densitas cukup tinggi, serta kemudahan dalam hal penyimpanan dan pendistribusian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran partikel terhadap kerapatan, kadar air dan laju pembakaran briket kayu sengon. Proses pembuatan briket arang diawali dengan proses pirolisis dengan suhu 4000C, kemudian diayak dengan ayakan ukuran 40 mesh, 60 mesh, 80 mesh, dan 100 mesh untuk mendapatkan ukuran yang sama, serta menggunakan perekat tapioka 30% dari berat campuran. Campuran dimasukkan kedalam alat pencetak dan kemudian dicetak dengan tekanan 115 kg/ cm2. Briket arang di keringkan di dalam oven dengan suhu 1000C selama 1 jam. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kerapatan tertinggi sebesar 0.598g/cm³, pada briket dengan ukuran partikel 100 mesh, rata-rata kadar air terendah sebesar 12.879% pada briket dengan ukuran partikel 40 mesh. Dan rata-rata laju pembakaran terendah sebesar 0.441 gr/menit pada briket dengan ukuran partikel 100 mesh.

Keywords


briket; kayu sengon; ukuran partikel

Full Text:

PDF

References


Nuriana Wahidin, Nurfa Anisa, dan Martana, Karakteristik Biobriket Kulit Durian Sebagai Bahan Bakar Alternatif Terbarukan. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Vol. 23, No. 1, Hal. 70-76 2013. Madiun: Fakultas Teknik Universitas Merdeka Madiun.

Mochamad Ervando Among Satmoko, Danang Dwi Saputro, dan Aris Budiyono, Karakterisasi Briket Dari Limbah Pengolahan Kayu Sengon Dengan Metode Cetak Panas. Jounal Of Mechanical Enginaring Learning. Vol. 2. No. 1. 2013. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Hadi Rinayu, Pengaruh Komposisi Dan Ukuran Serbuk Briket Yang Terbuat Dari Batubara Dan Jerami Padi Terhadap Karakteristik Dan Pembakaran. Jurnal AUTINDO Politeknik Indonesia Surakarta ISSN : 2442-7918. Vol. 1, No. 1, Hal . 10-27, 2013. Surakarta: Politeknik Indonesia Surakarta.

Iriany, Firman Abednego Sarwedi Sibarani, dan Meliza, Pengaruh Perbandingan Tempurung Kelapa Dan Eceng Gondok Serta Variasi Partikel Terhadap Karakteristik Briket. Jurnal Teknik Kimia USU, Vol. 5, No. 3, Hal. 56-61, 2016. Medan: Fakultas Teknik Universitas Sumatra Utara.

Siti Jamilatun, Sifat-sifat Penyalaan dan Pembakaran Briket Biomasa, Briket Batubara dan Arang Kayu. Jurnal Rekayasa Proses. Vol. 2, No. 2, Hal. 37-40, 2008. Yogyakarta: Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.