DISAIN RELAYOUT WAREHOUSE DENGAN PENDEKATAN SLP (SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING) DAN CLASS BASED STORAGE UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA MATERIAL HANDLING

Faisal Rahman, Zeplin Jiwa Husada Tarigan, Lukmandono Lukmandono

Abstract


PT. ABC adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa inspeksi teknik. Ruang lingkup PT. ABC bergerak di lingkungan Industri, Minerba dan Migas. Produk yang dihasilkan adalah berupa laporan hasil inspeksi. Penyimpanan laporan dan peralatan di PT. ABC terdapat dalam satu ruangan gudang. Tataletak ruang saat ini belum memperhitungkan biaya material handling dan penyusunan barang di gudang masih secara acak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menghitung dan meminimumkan biaya material handling, membuat disain usulan layout baru berdasarkan systematic layout planning dan membuat klasifikasi persediaan gudang dengan pendekatan class based storage untuk mengoptimumkan persediaan. Berdasarkan systematic layout planning menunjukan total biaya perpindahan material yang terjadi pada layout awal sebesar Rp 4.641,48, layout alternatif 1 sebesar Rp 3.381,98 dan layout alternatif 2 sebesar Rp 3.795,07. Alternatif 1 lebih meminimumkan biaya material handling, maka diusulkan pada PT. ABC untuk menggunakan layout alternatif 1. Berdasarkan class based storage dengan konsep ABC total biaya perpindahan material yang terjadi pada layout awal sebesar Rp 414,48 dan layout alternatif sebesar Rp 356,08. Layout alternatif lebih meminimumkan biaya material handling, maka diusulkan pada PT. ABC untuk menggunakan layout alternatif pada gudang.

Keywords


Class Based Storage; Systematic Layout Planning; Warehouse

Full Text:

PDF

References


D. Muslim and A. Ilmaniati, “Jarak dan Ongkos Material Handling dengan Pendekatan Systematic Layout Planning ( SLP ) di PT Transplant Indonesia,” JMTSI, vol. 2, no. 1, pp. 45–52, 2018.

N. P. . Hidayat, “Perancangan Tata Letak Gudang dengan Metoda Class-Based Storage Studi Kasus CV. SG Bandung,” J. AL-AZHAR Indones. SERI SAINS DAN Teknol., vol. 1, no. 3, pp. 105–115, 2012.

Anwar, Bakhtiar, S, and R. Nanda, “Usulan Perbaikan Tata Letak Pabrik dengan Menggunakan Systematic Layout Planning ( SLP ) di CV. Arasco Bireuen,” MIEJ, vol. 4, no. 2, pp. 4–10, 2015.

H. Mubarok and Lukmandono, “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Dengan Pendekatan Metode Systematic Layout Planning Guna Meningkatkan Produktivitas Di CV. Putra Perkasa,” 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.