TEKNOLOGI STERILISASI OZON DAN MESIN PENDINGIN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MARITIM MASYARAKAT NELAYAN KAMPUNG MANDAR BANYUWANGI JAWA TIMUR

Budanis Dwi Meilani, Sulistyowati Sulistyowati, Isa Albanna

Abstract

Kampung Mandar adalah kelurahan berlokasi di tepi Pantai Boom, Kota Banyuwangi. Aktivitas nelayan pada umumnya menitikberatkan pada kegiatan mencari ikan, menampung, penjualan langsung pada pasar lokal dan distribusi luar kota. Jumlah tangkapan yang tidak menentu, dampak cuaca tropis dan permainan tengkulak, merupakan faktor tidak stabilnya perekonomian di Kampung Mandar. Melalui program KKN-PPM yang telah dilakukan oleh kampus ITATS dan bekerja sama dengan Kelompok Nelayan Kampung Mandar “Club pondok Layar”, bertujuan untuk melakukan inovasi bidang pengelolahan hasil laut dengan memanfaatkan teknologi unggulan. Wujud implementasi teknologi adalah sterilisasi-mesin pendingin, desain kemasan produk, pemasaran online dan pelatihan Microsoft Office. Kegiatan KKN-PPM dilakukan dengan dua metode, yaitu pengajaran-ilmiah dan implementasi teknik. Setelah pelaksanaaan KKN-PPM masyarakat nelayan mempunyai ketrampilan mengenai instalasi teknologi (Sistem pendingin dan sterilisasi berbasis ozon), pemasaran online, membuat desain kemasan dan ketrampilan pengolahan data. Disamping itu dengan adanya Web profil Mandar dan pemasaran produk Mandar memudahkan untuk mempromosikan Kampung Mandar dalam segi pariwisata dan pemasaran produk unggulan Kampung Mandar.

Keywords

Hasil Laut; Nelayan; Pendingin; Produk; Sterilisasi-ozon

Full Text:

PDF

References

BPS-Banyuwangi, Statistik Daerah Kecamatan Banyuwangi 2015. Banyuwangi: Badan Pusat Statistik Banyuwangi, 2015.

BPS-Banyuwangi, Kecamatan Banyuwangi dalam Angka 2016. Banyuwangi: Badan Pusat Statistik Banyuwangi, 2016.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuwangi, “BPS Kabupaten Banyuwangi.” [Online]. Available: https://banyuwangikab.bps.go.id/Subjek/view/id/56. [Accessed: 16-Jun-2017].

M. Nur et al., “Development of ozone technology fish storage systems for improving quality fish production,” in 2014 International Symposium on Technology Management and Emerging Technologies, 2014, pp. 167–172.

I. S. Boziaris, Ed., Seafood processing: technology, quality and safety. Hoboken, NJ: Wiley Blackwell, 2014.

I. Albanna, “ANALISIS MODEL RANGKAIAN L-C-L PADA IMPLEMENTASI SISTEM PEMBANGKIT PLASMA,” in SNTEKPAN II-2014, Surabaya, 2014.

B. D. Meilani and M. Asadulloh, “DATA MINING UNTUK MENGGALI POLA MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN METODE FREQUENT PATTERN GROWTH (STUDI KASUS : INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA),” in SNTEKPAN III-2015, Surabaya, 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.