PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TIK BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL ADDIE UNTUK SISWA SMK

Rachman Arief, Muhamad Imron Wazirudin, Andy Rachman, Dian Puspita Hapsari

Abstract


Saat ini perkembangan teknologi informasi dari hari ke hari semakin berkembang dengan pesat mendesak berbagai lembaga pendidikan untuk menggunakan sistem E-learning dalam meningkatkan keefektifan pembelajaran. Kurangnya waktu pembelajaran didalam kelas menjadi permasalahan serius yang perlu adanya solusi. Banyak guru mengeluh karena terbatasnya waktu dalam penyampaian materi dikelas yang sangat minim, sementara siswa dituntut untuk paham detail materi yang disampaikan melalui latihan soal. Selain itu pemberian soal-soal latihan secara manual juga berpengaruh terhadap penyitaan waktu yang dibutuhkan. Oleh karena itu dikembangkan dalam penelitian ini aplikasi Elearning dengan model pengembangan ADDIE. Pengujian atau validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan pengujian pada siswa SMK. Berdasarkan hasil survey kepada ahli media, didapatkan rata-rata penilaian sebesar 89,7% yang berarti aplikasi sangat sesuai untuk digunakan pembelajaran, dari sisi ahli materi, didapatkan rata-rata penilaian sebesar 88,1% yang berarti aplikasi sangat sesuai untuk digunakan pembelajaran, dan dari siswa didapatkan rata-rata penilaian sebesar 88,9% yang berarti aplikasi sangat sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


ADDIE; SMK; Web; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: AlfaBeta, 2009.

F. B. Prasetya, “Optimalisasi Pembelajaran Kimin Sma/Ma Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis ICT,” Univ. Negeri Malang, 2010.

Dimyati and Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Firdaus, 7 jam Belajar Interaktif PHP & MySQLdengan Dreamweaver. Palembang: Maxikom, 2007.

S. Cashman and Velmaart, Discovering Computers “Menjelajah Dunia Komputer” Fundamental, Third Edition. Salemba: Infotek, 2011.

Anhar, Panduan Menguasai PHP dan Mysql. Jakarta: Media Kita, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.