ANALISIS PENGARUH MATERIAL PTFE (TEFLON) SEBAGAI PENGGANTI KUNINGAN PADA BEARING STERNTUBE KAPAL DITINJAU DARI SEGI TEKNIS

Agha prabasworo

Abstract

Penggunaan bantalan poros atau bearing pada sterntube kapal sangat penting untuk melindungi poros dari kerusakan. Selama ini material kuningan banyak digunakan pada bantalan poros ini karena bahan yang mudah ditemukan. Namun dengan perkembangan zaman material plastic juga digunakan sebagai bahan dari bantalan poros. Dengan alasan tersebut penelitian ini mengangkat permasalahan efek dari pergantian material kuningan dengan salah satu jenis plastik yaitu Teflon Untuk menentukan pengaruh pergantian material ini. Penelitian dilakukan dengan metode perhitungan dan simulasi komputer berbasis FEA. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah perbedaan tegangan, kekuatan, kekerasan, dan penyesuaian ukuran komponen pada sterntube.

Keywords

Stern tube; Bearing; Teflon; Brass; Technical Aspect

Full Text:

PDF

References

Autodesk simulation mechanical user guide, https://knowledge.autodesk.com/support/simulation-mechanical/learn explore/caas/CloudHelp/cloudhe, l Tanggal akses, 7 juni 2017.

Chemour brochure, Wilmington, Delaware, amerika serikat

En.Wikipedia.com/wiki/brass, tanggal akses 7 juni 2017

Handayanu, IR., MSC., DR, metode elemen hingga, ((LL1206) JTK-FTK-ITS

Anthony F. Molland. 2008. Maritime Engineering reference a guide to ship design, construction and operation

McGrew, F. C.1957, “Modern Plastics”, hal. 162, 273, 275.

Moynihan, R. E., 1959, “The Molecular Structure of Perfluorocarbon Polymers. Infrared Studies on Polytetrafluoroethylene” no.1, J. Amer. Chem. Soc., 81, hal. 1045.

Weaver .W.Jr., Johnston, P.R., 1993, Elemen Hingga Untuk Analisis Struktur, Edisi kedua, Eresco, Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.