ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MATERIAL PRODUK MYTEA UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PERSEDIAAN

Agustien Rahmawati Tyas Pramita Christi, Evi Yuliawati

Abstract


Perencanaan dan pengendalian persediaan material merupakan hal penting yang harus diperhatikan perusahaan dalam rangka mendukung aktivitas proses produksi.  Tujuan yang ingin dicapai dengan adanya penelitian ini adalah menentukan strategi perencanaan dan pengendalian material yang tepat untuk produk Mytea 450 ml dengan pertimbangan minimasi biaya persediaan. Langkah awal penelitian adalah meramalkan material produk tersebut dengan menggunakan metode Moving Average (MA) dan Exponential Smoothing. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung jumlah kebutuhan material, frekuensi pengiriman dan total biaya persediaan menggunakan metode Heuristik Silver Meal dan Least Unit Cost. Hasil perbandingan metode peramalan memperlihatkan bahwa metode Moving Average (2MA) menghasilkan nilai error bias paling kecil yaitu -11,05. Selanjutnya, total biaya persediaan minimal diperoleh dari perhitungan metode Heuristik Silver Meal yaitu sebesar Rp 32.496.798.816.  Berdasarkan perhitungan tersebut perusahaan dapat menghemat sebesar 8,03%.

Keywords


Perencanaan dan pengendalian material; Moving Average (MA); Least Unit Cost

Full Text:

PDF

References


I. P. Wohos, “Pengendalian Material Proyek Dengan Metode Material Requirement Planning Pada Pembangunan Star Square Manado,” 2014.

H. Kusuma, Manajemen Produksi Perencanaan dan Pengendalian Produksi Edisi 4. Yogyakarta: Andi, 2009.

J. dan R. B. Heizer, Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba empat, 2014.

A. S. dan S. N. Kumar, Production and Operations Management with Skill Development, Caselets and Cases. New Delhi: New Age International (P) Limited, Publishers, 2008.

F. A. Hary, “Perencanaan Persediaan Bahan Baku Kayu Gelondongan Dengan Metode Silver Meal (Studi kasus PT. Katingan Timber Celebes Makassar),” 2011.

A. Nisa, “Manajemen Persediaan Bahan Baku untuk Model Persediaan Deterministik Dinamis dengan Model Heuristik,” 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.