PERBEDAAN WAKTU PROSES PRODUKSI PELETAKAN BOTTOM PROFILE SECARA ASIMETRIS DAN SIMETRIS (STUDI KASUS KAPAL OCEANA CATAMARAN)
Diana Manansang, Bagiyo Suwasono
Abstract
Kapal katamaran memiliki dua lambung (U dan V) atau badan kapal yang di hubungkan oleh geladak atau briging platform,Dalam melakukan pengelasan pada bottom profile pada kapal Oceana Catamaran ada beberapa cara yang bisa di lakukan dengan cara Asimetris dan cara Simetris, Sebelum waktu pross produksi dilakukan dibutuhkan data primer dan sekunder, Dari data yang di dapatkan nantinya akan dilakukan tahapan Fabrikasi dan sub Assembly dengan menghitung deviasi waktu selama pekerjaan peletakan Bottom Profile, Pekerjaan Asimetris (spiral) merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan mengikuti bagian lambung kapal, Sedangkan untuk pekerjaan tahapan Simetris dengan Frame Spacing, pada proses diatas didapatkan waktu yang lebih banyak untuk pekerjaan dengan cara Asimetris yang di lakukan mulai dari Ap hingga Fp untuk pekerjaan secara Simetris mulai dari Ap hingga pararel middle body Sehingga di dapatkan waktu pekerjaan lebih sedikit karena pengurangan jumlah block.
Keywords
Oceana Catamaran,bottom Profile; Deviasi Waktu; Asimetris ; Simetris
References
Pt.Palindo.Marine.2017.Metode Pelaksaanaan Kapal Oceana Catamaran.Batam
Ghozali, M.2016.Pengaruh Bentuk Hull Simetris,Asimetris Tipe-A Dan Tipe B-terhadap Thanan Kapal Tipe Planing Hull, Universitas Hang Tuah. Surabaya
Intan, Suryanto, Ratna dan Lie S. Arijanto, 2005. Analisa dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi Sumber Penyebab Kuantitas dan Biaya. Civil Engineering Dimension . Vol 7. No. 1. Hal 36.
Suwasono dan Baroroh, 2017. Buku Ajar Perancangan Kapal IV. Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah. Surabaya