PERANCANGAN ULANG ALAT BANTU PENGISIAN PASIR ABRASIVE STEEL GRIT GUNA MEMINIMALKAN WAKTU PENGISIAN ( STUDI KASUS PT.SAFINAH BLASTING )

Saptian Ardi Pamungkas, Bagiyo Suwasono

Abstract


PT.Safinah Blasting merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pekerjaan sandblasting yang terletak di Daerah Tanjung Perak Surabaya. Sandblasting adalah suatu proses pembersihan permukaan dengan cara menembakan partikel ( pasir ) ke suatu permukaan material sehingga menimbulkan gesekan atau tumbukan. Permukaan material yang telah mengalami gesekan akan menjadi bersih dan kasar. Permukaan yang kasar ini membuat cat dapat melekat dengan kuat. Adapun untuk jenis abrasive yang digunakan adalah abrasive steel grit, steel grit dipilih karena tingkat debu yang rendah dan bisa digunakan lebih dari satu pemakaian. Dalam proses perancangan ulang alat bantu pengisian pasir abrasive steel grit yang dilakukan yaitu dengan pengambilan data sekunder dan data primer yang nantinya akan digunakan untuk merancang ulang alat bantu pada proses pengisian pasir abrasive steel grit guna meminimalkan waktu pengisian. Pada penelitian ini dengan adanya perancangan ulang pada proses pengisian pasir abrasive steel grit pada kegiatan sandblasting waktu yang didapatkan lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Untuk pengisian pasir minimum seberat 286 kg dengan adanya perancangan ulang alat bantu membutuhkan waktu 7.6 menit, sedangkan untuk pengisian pasir maksimum seberat 1126 kg dengan adanya perancangan ulang  alat bantu membutuhkan waktu 19.8 menit.

Keywords


Abrasive; Sandblasting; Steel grit

Full Text:

PDF

References


Ascoatindo, ( 2007 ). Materi Pelatihan Coating Inspector Muda, Bandung – Indonesia.

Bunadi. ( 2013 ). Analisa Penggunaan Kembali Abrasive Material ( Steel grit ) Dari Kapal Repair Pada Bangunan Baru di PT. Pal Indonesia ( Persero ). Skripsi Jurusan Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Negeri Surabaya.

Luthfi, A.Z. Rispianda, dan Hendro, P. ( 2016 ). Usulan Rancangan Mesin Sandblasting Untuk Produk Pipa Bushing Arm Crv. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Jurusan Teknik Itenas Bandung.

Zainuri, A.M. ( 2008 ) Mesin Pemindahan Bahan Yogyakarta : Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.