ANALISIS EFEKTIFITAS PEMBONGKARAN BLOK MARMER DARI BATUAN SUMBER DI PT. INDUSTRI MARMER INDONESIA TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG PROVINSI JAWA TIMUR

Flaminggo Gingga, Abdul Rauf, Desyana Ghafarunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas tentang proses penambangan marmer dalam hal ini ialah efektifitas pembongkaran blok marmer dari batuan sumber di PT. Industri Marmer Indonesia Tulungagung. Dalam proses penambangan marmer terdapat hambatan yang terjadi, hambatan yang dapat berupa hambatan internal dari alat atau hambatan eksternal dari faktor manusia. Hambatan yang timbul tersebut dapat mengakibatkan hasil produksi tidak maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan studi literatur, dan observasi lapangan, data-data yang diambil yaitu data sekunder dan data primer diantaranya kondisi dan keadaan lokasi penambangan, target produksi perbulan, metode penambangan, dan efisiensi dari alat dan manusia. Dari data yang telah diambil dan dianalisis dapat diketahui efektifitas dari pembongkaran sebesar 86,55% dengan jumlah 39 blok atau 145m3, setelah dilakukan efisiensi dan perbaikan, efektifitas dari dari pembongkaran meningkat menjadi sebesar 96,49% dengan jumlah blok 43 blok atau 162 m3. Dari hasil tersebut dapat diketahui dari upaya peningkatan yang dilakukan tetap tidak dapat mencapai target yang ditentukan sebesar 300m3. Maka kesimpulanya untuk mencapai target yang telah di tentuka perusahaan harus melakukan penggandaan alat pembongkaran, karena dengan alat yang ada saat ini baru bisa mencapai 162 m3 meskipun sudah dilakukan efisiensi.

Keywords


Efektifitas; hambatan; pembongkaran blok marmer

Full Text:

PDF

References


Eliud De Jesus Gomes., 2014. Kajian Teknis Produksi Alat Bor Hole-Spleting (Jalur Lubang Kawat) Dan Alat Diamond Wire Saw (Penggergajian) Pada Penambangan Marmer PT. Industry Marmer Indonesia Tulungagung. Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral dan Kelautan Institut Teknologi Adhi tama Surabaya.

Fahmi Yahya.,2015. Analisa Kemapuan Produksi Alat Penambangan Bahan Galian Marmer Di PT. Industry Marmer Indonesia Tulungagung, Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur. Kementrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Universitas Palangka Raya Falkutas Teknik Jurusan/Prodi Teknik Pertambangan 2015.

Fuadul Behri., 2011. Mekanisme Pemboran Pada Tambang Terbuka (Surface Mining). Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda 2011.

Oliver Bowles., 1916. The Technology Of Marble Quarrying Departement Of The Interior Pranklin K. Lane Bureu Of Mines 1916.

Varna Bulgaria., 2013. Advanced Modern Techniques For Exploitation Of Dimension Stones 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.