PENGARUH PARAMETER KEMIRINGAN NAF TERHADAP PENANGANAN AIR ASAM TAMBANG PADA SKALA LABORATORIUM

Bantar Tyas Sukmawati Rukmana, Aris Winarso, Edy Nursanto

Abstract


Air asam tambang merupakan air limpasan dari daerah tambang yang terbentuk akibat oksidasi mineral-mineral sulfida yang menghasilkan asam sulfat. Terbentuknya air asam tambang merupakan permasalahan serius bagi perusahaan - perusahaan yang berwawasan lingkungan. Hal ini disebabkan karena air asam tambang sangat berpengaruh pada kondisi lingkungannya yaitu menurunnya kualitas air permukaan, air tanah, biota perairan dan masyarakat. Oleh karena itu perlu penanganan air asam tambang, salah satunya adalah percobaan simulasi pencegahan air asam tambang pada skala laboratorium untuk mengetahui pengaruh kemiringan NAF terhadap air lindian yang dihasilkan dan dosis kapur efektif untuk menetralkan air asam tambang. Simulasi ini menggunakan kemiringan NAF yang berbeda-beda yaitu 150, 200, dan 250. Hasil simulasi ini berupa data pH air lindian dan dosis kapur tohor yang kemudian akan dianalisis dengan menggunakan metode statistika. Dari data tersebut didapatkan bahwa dengan menggunakan kemiringan NAF 150 lebih efektif dalam menghambat pembentukan air asam tambang dibandingkan kemiringan NAF yang lain.

Keywords


Air asam tambang; dosis kapur tohor; kemiringan NAF.

Full Text:

PDF

References


Arief, Achmad Taufik, dkk. 2012. Perhitungan Dosis Pengapuran Air Asam Tambang (Acid Mine Drainage) di Kolam Pengendapan Lumpur Air Laya Putih PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Bandung: Seminar Air Asam Tambang di Indonesia Ke-4.

Gautama, Rudy Sayoga. 2012. Pengelolaan Air Asam Tambang. Bandung: Institut Teknologi Bandung Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan.

Gunawan, Firman, dkk. 2014. Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengelolaan Air Asam Tambang di Lati Mine Operation. Bandung: Seminar Air Asam Tambang Ke-5 dan Pascatambang di Indonesia.

Hakim, Abdul, dkk. 2009. Penelitian Penanggulangan Air Asam Tambang pada Tambang Batubara Terbuka di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Bandung: Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara.

Nugraha, Candra dan Ginting J Kusuma. 2012. Pengaruh Pelapukan Batuan terhadap Pembentukan Air Asam Tambang. Bandung: Seminar Air Asam Tambang di Indonesia ke-4.

Zulkarnain, Andi dan Mauli Dedi Abdiyanto. 2012. Pemodelan Geokimia Batuan Penutup Area Binungan Blok 9 PT. Berau Coal. Bandung: Seminar Air Asam Tambang di Indonesia Ke-4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.