PENGUKURAN KOMPATIBILITAS PERFORMA KOMPUTER SERVER MENGGUNAKAN JMETER PADA RASPBERRY PI DAN PC SEBAGAI LAYANAN WEB SERVER

Shah Khadafi, Budanis Dwi Meilani, Septian Arief Hidayat

Abstract

Kinerja sebuah web server ditentukan dari perangkat keras yang dimiliki oleh sebuah komputer server. Berbagai macam jenis komputer server yang berkembang saat ini terkadang membuat bingung bagi seorang administrator untuk menentukan pekerjaan administrasi server. Sering kali komputer desktop dengan spesifikasi tinggi dijadikan untuk infrastruktur adminstrasi server, namun ada juga komputer mini (Raspberry Pi) dengan spesifikasi yang minim yang juga dapat digunakan untuk keperluan administrasi server. Dengan demikian, untuk mengetahui suatu kinerja dari komputer server baik komputer desktop server dan Raspberry Pi server, maka dilakukan pengujian terhadap ke dua komputer tersebut. Tujuan dilakukan pengujian ini yaitu untuk membandingan kinerja dari komputer desktop server maupun Raspberry Pi server ketika menangani request dari beberapa client pada sebuah web server. Sebuah software JMeter digunakana untuk mengukur kinerja sistem komputer dan juga menguji load-test aplikasi Client/Server. Software JMeter memiliki fitur Apache JMeter yang layananya digunakan untuk memuat dan menguji kinerja dari sebuah web server dan menguji protokol yang berbeda yang digunakan pada sebuah komputer server. Hasil dari pengujian berjalan dengan baik, dimana langkah-langkah pengujian dimulai dari 100 sampai dengan 1300 user yang dapat diketahui sedini mungkin tingkat awal kegagalan ketika menangani request client. Hasil dari pengujian Raspberry Pi server sanggup menangani request client hingga 1300 user dengan tingkat kegagalan sebesar 0,00%, sedangkan pada komputer portable server dapat menangani request client hingga 1300 user dengan masing – masing tingkat kegagalan sebesar 0,20%.

Keywords

kinerja; raspberry pi; PC; web server; jmeter

Full Text:

PDF

References

http://novadigitalmedia.com/history-raspberry-pi/. [Accessed: 28-Jul-2017].

https://thepiratebay.sx/torrent/8606141/Practical_Raspberry_Pi_V413HAV. [Accessed: 28-Jul-20017]. [Accessed: 1-Aug-2017].

E. Upton and G. Halfacree, Raspberry Pi User Guide, West Sussex, England: Wiley, 2012.

Rahmad Dawood, Said Fairuz Qiana, dan Sayed Muchallil. Kelayakan Raspberry Pi sebagai Web Server: Perbandingan Kinerja Nginx, Apache, dan Lighttpd pada Platform Raspberry Pi. Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 11, No. 1, April 2014, hal. 25-29.

B. Laurie and P. Laurie, Apache: The Definitive Guide, O’Reilly Media, 2002.

http://jmeter.apache.org/. [Accessed: 15-Jul-2017].

Rahmad Dawood, Said Fairuz Qiana, dan Sayed Muchallil. Kelayakan Raspberry Pi sebagai Web Server: Perbandingan Kinerja Nginx, Apache, dan Lighttpd pada Platform Raspberry Pi. Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 11, No. 1, April 2014, hal. 25-29.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.