ANALISA PENGARUH MIX MARKETING DAN IMPULSE BUYING UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN DENGAN VARIABEL MOMENT OF TRUTH SEBAGAI INTERVENING (Studi Kasus: UD. Sofi Garment Surabaya)

Muhammad Ridwan Basalamah, Yoniv Erdhianto, Rony Prabowo

Abstract

UD. Sofi Garment Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri garment yang ada di
Surabaya, terletak di jl Wonokusumo no 44 Surabaya. Berbagai macam hasil garment yang dihasilkan UD.
Sofi Garment ini seperti baju taqwa, gamis, sarung, mukenah dan celana sirwal. Pada masa-masa ini hasil
observasi menunjukkan penjualan produk menurun dibanding sebelumnya. Berdasarkan survei kualitas
produk tidak terjadi penurunan kualitas. Departemen pemasaran ditunjukkan untuk meningkatkan
pemasaran yang ada. Berdasarkan hal itu disarankan dengan mencari pengaruh dari marketing mix dan
impulse buying untuk peningkatan penjualan melalui moment of truth sebagai intervening. Yang bertujuan
untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dari marketing mix dan impulse buying dalam peningkatan
penjualan, kemudian untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel marketing mix
dan impulse buying terhadap peningkatan penjualan serta mengetahui pengaruh langsung moment of truth
dalam peningkatan penjualan. Marketing mix sendiri terdiri dari price, place, promotion, produk dan
impulse buying adalah perilaku pelanggan membeli secara spontan. Sedangkan moment of truth sebagai
intervening / perantara yang merupakan moment atau dampak yang berkesan dihati pelanggan secara
positif. Semua ini akan diolah dengan metode SEM (Struktual equation modeling) yang dibantu dengan
software SMARTPLS dengan harapan hasil dapat menjadi langkah berikutnya departemen pemasaran
dalam meningkatkan penjualannya atau mengambil keputusan kedepannya. SmartPLS adalah software yang
digunakan untuk memudahkan dalam melakukan model SEM.

Keywords

Marketing Mix; Impulse Buying; SEM; Moment of Truth; SmartPLS; Peningkatan penjualan

Full Text:

PDF

References

Benyamin, A. P. (2019). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy) Di Pasarkita

Pamulang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 1. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2836

Gambar 4. 1. (2018).

Indraswari, G. R., & Martono, S. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Impuls Buying Dengan

Gender Sebagai Variabel Dummy. Management Analysis Journal, 5(2), 116–122.

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE

(ONLINE MARKETING STRATEGY) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi

Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). 1(1), 2598–2823.

Nawangsari, A. Y. (2011). STRUCTURAL EQUATION MODELING PADA PERHITUNGAN

INDEKS KEPUASAN PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AMOS

(Studi Kasus: Perhitungan Indeks Kepuasan Mahasiswa FMIPA UNY Terhadap Operator

IM3).

Sarwono, J. (2011). Get to know the path of Analysis: History, Understanding, and

Application, Scientific Journal of Business Management. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis,

(2), 285–296.

Soemarso, E. D. (2010). ANALISIS MOMENT OF TRUTH DALAM MEMBANGUN

LOYALITAS NASABAH (Studi Kasus Pada Nasabah TAPLUS BNI Cabang Undip

Tembalang - Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 9(2), 128–165.

https://doi.org/10.14710/jspi.v10i3.283

Sudhana, P., Lukmandono, L., & Prabowo, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap

Impulse Buying Dengan Niche Market Sebagai Moderasi Pada Industri Jasa Pendidikan.

Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 8(1), 38–44.

https://doi.org/10.36040/industri.v8i1.673

Sulistya, W. A. (2014). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, PROMOSI,

DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

HANDPHONE ANDROID ( Pada Mahasiswa Manajemen FEB UNDIP Semarang ).

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping

Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144–154.

https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.