ANALISIS POROSITAS DAN PERMEABILITAS BATUPASIR GAMPINGAN FORMASI NGRAYONG UNTUK PENENTUAN POTENSI BATUAN RESERVOIR DI KECAMATAN BANGILAN DAN SEKITARNYA, KABUPATEN TUBAN, PROVINSI JAWA TIMUR

Korneles Maranata Arbol, Hendra Bahar

Abstract


Daerah penelitian berada di Kecamatan Bangilan dan sekitarnya, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Pada daerah ini terdapat Formasi Ngrayong yang merupakan formasi tersusun oleh batugamping orbitoid dan batulempung di bagian bawah, kemudian berubah secara gradual menjadi batupasir dengan sisipan batugamping orbitoid di bagian atas. Secara regional formasi ini diendapkan pada daerah pasang-surut yang mengalami transgresi menjadi lingkungan paparan tengah hingga luar, dengan dominasi litologi berupa clean sand. Formasi ini menjadi reservoir utama hidrokarbon di daerah Cepu dan Tuban. Penelitian ini menggunakan analisis inti fisik batuan untuk mengetahui nilai porositas dan permeabilitas. Pada analisis inti fisik batuan, metode yang digunakan yaitu, metode penimbangan untuk mencari nilai porositas dan metode alat Permeameter untuk mengetahui nilai permeabilitas. Potensi Batupasir Gampingan Formasi Ngrayong sebagai batuan reservoir berdasarkan hasil analisis porositas dan permeabilitas, Batupasir Gampingan Formasi Ngrayong mempunyai nilai porositas rata-rata sebesar 20,8125% dan nilai rata-rata permeabilitas sebesar 24,734 mD dan sehingga berdasarkan klasifikasi Koesoemadinata [1], Batupasir Gampingan Formasi Ngrayong mempunyai porositas sangat baik dan permeabilitas yang baik. Dengan hasil porositas sangat baik dan permeabilitas yang baik, maka Batupasir Gampingan Formasi Ngrayong berpotensi sebagai batuan reservoir yang baik.


Keywords


porositas; permeabilitas; reservoir; formasi

Full Text:

PDF

References


Koesoemadinata, R. P., 1980, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Jilid 1 dan 2, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Selley, R.C., 1985, Ancient Sedimentary Environment and Their Sub-surface Diagnosis, Cornell University Press, Ithaca, New York.

Situmorang, R. L., Smit R., and Van Vessem, E. J., 1992, Geology Map of The Jatirogo Quadrangle, Jawa, skala 1:100.000, Pusat Survey Geologi, Bandung.

Van Bemmelen, R.W. 1949, The Geology of Indonesia, Martinus Nyhoff, Netherland: The Haque.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.