Analisis Kemantapan Lereng Menggunakan Metode Bishop yang Disederhanakan Di Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Luky Febri Eko Nugroho, Sapto Heru Yuwanto

Abstract


Secara geologi, Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk termasuk kedalam zona Gunung Api Kuarter, tepatnya pada gunungapi Wilis. Material penyusun pada daerah penelitian merupakan hasil dari aktifitas vulkanik gunungapi Wilis. Daerah pegunungan maupun perbukitan pada daerah penelitian sangat dekat kegiatan masyarakat, seperti perkebunan, perumahan, jalan dan kegiatan sehari – hari lainnya, daerah ini juga identik dengan adanya suatu kemiringan atau slope yang curam, bahkan ada yang hampir mendekati angka 90?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi geologi dan berapa nilai FK (Faktor Keamanan) pada lereng di daerah penelitian khususnya Desa Margopatut. Metode penelitian dilakukan dengan cara pemetaan lapangan agar dapat melakukan pengamatan secara langsung, setelah itu dilakukan analisis kondisi geologi dan geomorfologi pada daerah penelitian. Analisis untuk mengetahui berapa nilai FK (Faktor Keamanan) pada lereng, menggunakan software rockscience slide v 6.0 dengan metode Bishop yang disederhanakan dan Fellenius/Ordinary, sehingga dapat menghasilkan permodelan lereng dan nilai FK (Faktor Keamanan) pada lereng, baik sebelum menggunakan beban tambahan dan sesudah menggunakan beban tambahan. Terdapat 2 lokasi yang rawan akan longsor, yaitu lereng (A) yang berada di Dusun Petung Ulung memiliki nilai FK < 1,5 dengan kondisi lereng kritis, dan lereng (B) yang berada di Dusun Pagu memiliki nilai FK 1,5 dengan kondisi lereng relatif stabil

Keywords


Margopatut Village; Land Movement; SF (Security Factor)

Full Text:

PDF

References


B. U, Hartono; Baharuddin; K, “Peta Geologi Regional Lembar Madiun.” Pusat Penelitian dan Pengambangan Geologi, Bandung, 1992.

F. Adhiyuda, “Longsor di Desa Ngetos Nganjuk_ 18 Korban Meninggal Berhasil Dievakuasi, Satu Orang Masih Hilang - Tribunnews.” Tribunnews.com, 2021.

R. W. Van Bemmelen, The Geology of Indonesia. General Geology of Indonesia and Adjacent Archipelagoes. 1949.

H. Smyth, East Java: Cenozoic basins, volcanoes and ancient basement. 2005.

B. M. Das, “Principles of FoundationEngineering.” Canada, 2007.

Rizaldi and B. Heiyadi, “Analisis Balik Kestabilan Lereng Dengan Menggunakan Metode Bishop yang Disederhanakan Pada Area Blok Bukit,” J. Bina Tambang, vol. 5, no. 4, pp. 49–58, 2019.

Mentri pekerja umum, “Pedoman teknis pembangunan gedung,” Peratur. Mentri Pekerj. Umum No 45/PRT/M/2007, vol. 1, pp. 1–14, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.