ANALISIS PERBAIKAN PROSES PENGEMASAN MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA CV. XYZ

Fandi Rafsyan Zani, Hari Supriyanto

Abstract


Pengendalian kualitas merupakan faktor utama dalam menghasilkan produk yang berkualitas. CV. XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengemasan minyak goreng.Untuk mewujudkan itu perusahaan harus melakukan perbaikan secara terus menerus untuk tercapai kepuasan pelanggan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan diketahui adanya defect pada proses pengemasan. untuk meningkatkan kualitas produk perlu dilakukan analisa perbaikan kualitas produk, sehingga dapat dilakukan perbaikan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap kualitas produk. Dalam penelitian ini digunakan metode Root Cause Analysis (RCA) untuk mengetahui akar penyabab defect. Dari hasil RCA didapat 4 faktor peyebab defect tutup botol tidak rapat. Setelah didapatkan akar penyebab defect tutup botol tidak rapat dilakukan analysis menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) didapatkan risk priority number didaptakan rekomendasi perbaikan yaitu pemahaman tentang pemasangan tutup botol, inspeksi pada setiap proses, pengecekan setiap material, penambahan pendigin AC di ruang pengisian. 


Keywords


Pengendalian Kualitas; Kualitas Produk; RCA; FMEA

Full Text:

PDF

References


Sulaeman, “Analisa Pengendalian Kualitas untuk Mengurangi Produk Cacat Speedometer Mobil dengan Menggunakan Metode QCC di PT INS,” J. PASTI, vol. 8, no. 1, pp. 71–95, 2019.

W. S. Damayanti and Y. Ngatilah, “Analisa dan Perbaikan Produk General Assy Roller Menggunakan metode Six Sigma dan Fuzzy FMEA Studi Kasus : Pabrik Peralatan Industri Agro,” J. Manaj. Ind. dan Teknol., vol. Vol. 01, no. No. 05, pp. 168–179, 2020.

S. S. Jingga, “Evaluasi Keamanan Pangan dengan Good Manufacturing Practices di UKM Emping Jagung Cahaya,” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Ind., vol. Vol 6, no. No 5, pp. 1070–1078, 2018.

C. P. Singarimbun, “Implementasi Objective Matrix (OMAX) dan Root Cause Analysis (RCA) dalam Analisis Produktivitas di PG. Pesantren Baru,” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Ind., vol. Vol. 6, no. No. 8, p. PP. 16-28, 2018.

R. Y. Hanif, H. S. Rukmi, and S. Susanty, “Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury di PT. X dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA),” Reka Integr., vol. Vol. 3, no. No. 3, p. PP. 137-147, 2015.

R. Saputra and D. T. Santoso, “Analisis Kegagalan proses Produksi Plastik Pada Mesin cutting di PT. PKF dengan Pendekatan Failure Mode and Effect Analysis dan Diagram Pareto,” J. Unsika, vol. Vol. 6, no. No. 1, p. PP 322-327, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.