PENERAPAN TEMA ARSITEKTUR POST MODERN PADA TAMPILAN BANGUNAN AKADEMI E-SPORTS DI SURABAYA

Deviena Deviena, Failasuf Herman Hendra, Siti Azizah

Abstract

Akademi E-sports merupakan salah satu bentuk sarana untuk memaksimalkan peran disekitarnya, karena dari segi sisi para orang tua atau masyarakat mungkin masih belum bisa mengubah pandangan negatif terhadap e-sports. Permasalahan pada rancangan Akademi E-sports, bagaimana menciptakan bangunan sebagai wadah edukasi dibidang industri e-sports dengan tema arsitektur post modern sehingga dapat menarik minat pengunjung. Metode penelitian yang diterapkan yaitu metode kasus lapangan dan metode deskriptip. Metode deskriptip dengan cara menganalisa sesuai obyek yang akan dirancang, relevan sesuai dengan obyek yang diamati, mengidentifikasi atau mendeskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari fasilitas akademi e-sports. Pada rancangan desain tampilan bangunan Akademi E-sports di Surabaya, terdiri atas 3 (tiga) bangunan yaitu bangunan stadium e-sports, bangunan pengelola dan bangunan akademi e-sports. Pada  tampilan bagian kepala bangunan semua bangunan yang ada di Akademi E-sports di Surabaya, menggunakan atap berbentuk limasan merupakan penerapan arsitektur post modern; dengan bahan atapnya polycarbonat warna merah coklat tanah. Pada tampilan bagian badan bangunan, semua fasad bangunan didominasi pemakaian kolom-kolom dan pemakaian jendela-jendela berbentuk kotak dan berbahan kaca. Adanya rancangan desain tersebut, bisa bermanfaat sebagai wadah untuk mengenal lebih jauh tentang e-sports serta meningkatkan keterampilan/ kompetensi dalam industri e-sports.

Keywords

akademi; arsitektur; e-sports; post modern; tampilan

Full Text:

PDF

References

Antono, Rian R., and Ika Ratniarsih. “Perancangan Fasilitas Komunitas Vespa Di Surabaya Bertema Arsitektur Post-Modern.” Prosiding SNTEKPAN III, vol. 3, 2015, pp. 653–62, https://jurnal.itats.ac.id/wp-content/uploads/2015/10/10.-RIAN_IKA-RATNIARSIH-dapus-tidak-ada-di-naskah.pdf.

Asmara, T. (2017, Juli 15). Phoenix eSports Arena, iCafe Nvidia Pertama di Jakarta (Online). Available FTP: tekno.liputan6.com/read/2476484/phoenix-esports-arena-icafe-nvidia-pertama-di-Jakarta.

Ching, Francis. D.K., Arsitektur : Bentuk, Ruang dan Susunannya, Jakarta: Erlangga, 1979

Freeman, G., & Wohn, D. Y., “Social support in E-Sports: Building emotional and esteem support from instrumental support interactions in a highly competitive environment”. Amsterdam. Netherland, 2017 https://doi.org/10.1145/3116595.3116635.

Jencks, Charles, The Languange of Post Modern Architecture, New York: Rizzoli, 1980

Viollita, Yosika Greace, et al. “Rancangan Futuristik Pada Bentuk Bangunan , Ruang Dan Interior Pusat Pengembangan Desain Digital Di Surabaya. ” TEKSTUR, Jurnal Arsitektur ITATS, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 117–26, https://ejournal.itats.ac.id/tekstur/article/view/1124/pdf_1.

Wijayanti, Ade Setya, et al. “Penerapan Tema Arsitektur Futuristik Pada Bentuk Pusat Komunitas Permainan Daring Di Surabaya.” Prosiding STEPPLAN 2, vol. 2, 2021, pp. 280–84, https://ejournal.itats.ac.id/stepplan/article/view/1577.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.