EVALUASI DESAIN STOCKPILE UTAMA DI PT. TEBO AGUNG INTERNATIONAL KECAMATAN SUMAY KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI

Muh. Amdun Ndiba, Lakon Utamakno

Abstract


PT.Tebo Agung Internasional merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara yang berada di Kabupaten Tebo, Kecamatan Sumay. Kabupaten Tebo dengan Luasan area eksplorasi yaitu 3.152 Ha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang manajeman stockpile yang berada di lokasi stockpile utama di PT. Tebo Agung International. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan perhitungan matematis berdasarkan bentuk stockpile. Sistem penambangan yang digunakan oleh PT. Tebo Agung International yaitu sistem tambang terbuka. PT. Tebo Agung International memiliki target produksi per jam maksimal sebesar 1.984 Ton/Jam, dengan kapasitas stockpile utama sebesar 208.611 Ton yang terbagi menjadi 2 timbunan. Proses penimbunan dan pembongkaran yang digunakan oleh PT. Tebo Agung Internasional yaitu dengan metode FIFO (First In First Out) tetapi dengan melihat keadaan lapangan belum dilakukan secara maksimal karena hanya menggunakan 1 timbunan dan manajemen yang belum maksimal. Rekomendasi dari penulis agar FIFO menjadi maksimal yaitu dengan cara membuat 2 timbunan dan membedakan titik antara jalan masuk dan jalan keluar di stokcpile utama. Untuk meminimalisir terjadinya swabakar pada timbunan stockoile utama, yang dilakukan yaitu dengan memaksimalkan pola FIFO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk stockpile yang direkomendasikan adalah trapesium dengan dimensi paritan yaitu d  = 0,4 m, b = 0,728 m, a = 0,5 m, A = 0,4 m, B = 1,192 ? 1,2 m, x = 0,06 m ? 6 cm. Untuk dimensi jalan yang direkomendasikan yaitu dengan lebar jalan 4 meter dan kemiringan 4%.

Keywords


Batubara; Drainage; FIFO/LIFO ; Stockpile; Swabakar

Full Text:

PDF

References


Reza. (2016). Kajian Teknis Desain Dan Manajemen Penimbunan Batubara Pada Stockpile Pt. Bukit Asam (Persero). Tbk,Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Skripsi, Fakultas Teknik : Universitas Sriwijaya.

Muchjidin, 2005. Pengendalian Mutu dalam Industri Batubara. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Ayu, Diyah Purwaningsi & Suhariyanto. (2015). Kajian Dimensi Penyaliran Pada Tambang Terbuka PT. Baturona Adimulya Kab. Musi banyuasin. Jurnal Geologi Pertambangan. Volume 5.

The American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO) Manual Rural High Way Design 1973

Utamakno, L., Achmad, A., Prasetyo, C. D., & Jondriawan, J. (2017). Kajian Teknis Sistem Penimbunan Batubara pada Intermediate Stockpile di PT. Indonesia Pratama Tabang Kabupaten Kutai Kertanegara Kalimantan Timur Sebagai Langkah dalam Konservasi Energi. Prosiding SENIATI, 3(2), 29-1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.