ARSITEKTUR KONTEMPORER SABAGAI TEMA DESAIN REAL ESTATE DI SIDOARJO

Hardiana Martasari, Wiwik Widyo Widjajanti, Suci Ramadhani

Abstract


Kabupaten Sidoarjo berbatasan langsung dengan Kota Surabaya di mana Kabupaten Sidoarjo menjadi penyangga fasilitas perumahan dan wilayah peri urban bagi Kota Surabaya yang menyebabkan begitu banyak perkembangan di bidang industri sehingga berkembang juga pertumbuhan penduduk sehingga tingginya kebutuhan untuk menyediakan perumahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Tema yang diterapkan pada rancangan ini adalah Arsitektur Kontemporer yang berkaitan dengan desain yang unik dan mengikuti zaman. Menerapkan konsep makro arsitektur modern  yang masih berkaitan dengan kontemporer. Rancangan tatanan lahan menggunakan konsep cluster dengan menggolongkan unit rumah sesuai dengan ukuran luas lahan dan bangunan. Rancangan bentuk bangunan memadukan konsep modern dengan kontemporer. Pada rancangan ruang menggunakan konsep minimalis dengan menyesuaikan kegunaan ruang tersebut.  Pada bangunan perumahan yang dirancang memiliki 3 tipe hunian, sehingga setiap desain lansekap, bangunan interior dan eksterior sangat memperhatikan fungsi. Fasilitas yang terdapat diperumahan ini antara lain Masjid, Taman Lingkungan,Kantor Pemasaran, Food Courd, Ruko, Club House, Klinik, Taman Kanak – Kanak. Diharapkan objek tersebut dapat menarik minat dari calon pembeli dan penghuni perumahan agar dapat bersosialisasi dengan masyarakat yang lain sehingga menciptakan hidup guyup rukun dan gotong royong.

Keywords


Arsitektur kontemporer; Real Estate; Sidoarjo

Full Text:

PDF

References


W. W. Widjajanti and F. H. Hendra, “Correlation of Settlement Aspects and Productive House at Fishermen Settlement Kenjeran Beach Surabaya,” p. 10.

N. A. Susanti, “DAMPAK PEMBANGUNAN PERUMAHAN TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO,” p. 6.

N. W. A. Ratih and W. W. Widjajanti, “Konsep Desain Eko-Wisata Bahari Tlocor di Sidoarjo, Jawa Timur,” p. 6.

Thomsett, Michael C. and Thomsett, Jean Freestone (1994). Getting Started In Real Estate Investing, New York; John Wiley And Sons.

Hilberseimer,L.(1964).Contemporary architecture:its roots and tren.Chicago:Chicago,P.Theobald.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.