Desain Penentuan Precedence Diagram Dengan Mempertimbangkan Lpt ( Longest Processing Time ) Dan Spt ( Shortest Processing Time ) Pada Pembangunan Kapal Baru (Studi Kasus Kapal Harbor Tug 3200 HP Milik PT. Pertamina)

M Ravi Rohmatulloh, Fuad Achmadi

Abstract

Kapal HARBOUR TUG 3200 Hp adalah pesanan dari PT. Pertamina yang di kerjakan oleh PT. ABC. Dalam proses pembangunan diperlukan adanya penjadwalan yang efektif supaya tidak terjadinya resiko keterlambatan. Tujuan penelitian ini mencari waktu yang efektif dalam proses pembangunan kapal baru dengan metode LPT ( Longest Processing Time ) mendahulukan pekerjaan terlama dan SPT ( Shortest Processing Time ) mendahulukan pekerjaan yang terpendek. Hingga menemukan waktu efektif dan bentuk aliran kerja dalam bentuk precedence diagram serta menghitung produktivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjadwalan dengan menggunanakn metode SPT lebih efektif dengan total waktu penyelesaian rata – rata 71,3 hari, job rata – rata 5 pekerjaan dan keterlambatan pekerjaan 1,9 hari dengan utilitas 19 %. Adapun Indeks produktivitas mengalami kenaikan 15 % dari tahun 2019 hingga 2020. Desain precedence diagram urutan pekerjaan proses fabrikasi yaitu Blok SK,A1,A2,A3,A4,A5,A6, B1, B2,C1. Pada proses Assembly yaitu Blok Sk,A1,A2,B1,B2,C1,A3,A4,A5,A6 dan proses erection yaitu Blok A4, B1,B2,C1,SK,A1,A2,A3,A5,A6.

Keywords

Proses pembangunan kapal; SPT; LPT; Produktivitas; Precedence diagram

Full Text:

PDF

References

Indah Suprihatin, 2016, Analisis Penjadwalan Produksi Menggunakan Metode FCFS ( First Come First Served ), SPT ( Short Processing Time ), LPT ( Longest Processing Time ) dan EDD ( ( Earliest Due Date ) Pada Iyan Jaya Garmen Jember.

Gilang Ramadhan, 2015, Sistem Informasi Penjadwalan Produksi Menggunakan Aturan Prioritas pada PT. IGLAS ( Persero )

Indah Suprihatin, 2016, Analisis Penjadwalan Produksi Menggunakan Metode FCFS ( First Come First Served ), SPT ( Short Processing Time ), LPT ( Longest Processing Time ) dan EDD ( ( Earliest Due Date ) Pada Iyan Jaya Garmen Jember

Haryadi Sarjono 2011, Metode Perhitungan Angka Indeks Produktivitas Menggunakan Model Marvin E Mundel

Refbacks

  • There are currently no refbacks.