OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI OBAT UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX

Ila Asih Setiani, Lukmandono Lukmandono

Abstract


Distribusi merupakan aspek penting bagi perusahaan yang memungkinkan perusahaan untuk melaksanakan pengiriman produk dengan cepat ke customer. PT. Clinisindo Putra Perkasa merupakan perusahaan retail yang bergerak dibidang medis yang salah satu unit bisnisnya adalah Medicastore.com. Perusahaan memenuhi permintaan pelanggan menggunakan kendaraan angkut yang dalam pendistribusiannya yaitu sepeda motor. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan diketahui bahwa terjadi penurunan permintaan order yang disebabkan oleh keluhan dari pelanggan yang kurang puas terhadap pelayanan pengiriman. Untuk menyelesaikan masalah distribusi obat tersebut dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik, perlu untuk memahami pilihan rute terbaik, menyederhanakan dan mempercepat kecepatan pengiriman, sehingga pesanan dapat sampai ketangan pelanggan dengan cepat serta biaya transportasi dapat diminimalkan. Dengan menggunakan metode saving matrix dan nearest neighbor dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu dan memecahkan masalah distribusi pada PT. Clinisindo Putra Perkasa sehingga dapat diketahui rute atau jalur distribusi yang efisien dan optimal dengan memaksimalkan kapasitas kendaraan untuk tujuan memimalkan biaya transportasi. Dengan menggunakan metode saving matrix perusahaan dapat menghemat jarak distribusi sebesar 2,8 km atau sebesar 1,67% dan biaya transportasi sebesar Rp 4.238.289 atau sebesar 28,73% dari biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.


Keywords


Distribusi; Vehicle Routing Problem; Saving Matrix

Full Text:

PDF

References


A. Sutoni and I. Apipudin, “Optimalisasi Penentuan Rute Distribusi Pupuk Untuk Meminimalkan Biaya Transportasi Dengan Metode Saving Matrix,” Spektrum Ind., vol. 17, no. 2, p. 143, 2019, doi: 10.12928/si.v17i2.13139.

A. Videan Fatnita and Lukmandono, “Optimasi Rute Distribusi Tabung LPG 3 Kg Dengan Menggunakan Alogaritma Genetika Pada Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) (Studi kasus pada PT. Jana Pusaka Migas),” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., vol. 1, no. 1, p. 39, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1213.

S. Fatimah, Pengantar Transportasi, Pertama. Ponorogo: Myria Publiser, 2019.

H. C. Suroso, I. Subiantoro, and Lukmandono, “Perencanaan Perbaikan Rute Tol Laut Menggunakan Metode Parallel Insertion dan Exhaustive Search,” pp. 6–34, 2019.

Suparjo, “Metode Saving Matrix Sebagai Metode Alternatif Untuk Efisiensi Biaya Distribusi,” Media Ekon. Dan Manaj., vol. 32, no. 2, pp. 137–153, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.