IBM PEMBUATAN KERAJINAN ACRILIC

Budanis Dwi Meilani, Faza Wahmuda

Abstract


Dalam upaya meningkatkan perekonomian warga Surabaya, pemerintah kota Surabaya terus memacu pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah di kalangan warganya baik yang dikelola kelompok maupun individu. Institusi Pendidikan mengambil peran dalam hal pendampingan, melalui program Iptek bagi masyarakat (IbM) dimana perguruan tinggi bermitra dengan masyarakat. Mitra pada program IbM ini adalah kelompok PKK dan karang taruna pengrajin hiasan acrilic. Mitra IbM berlokasi di RW 01 Kelurahan Gubeng Kecamatan Gubeng dan RW 02 Kelurahan Ngagel Kecamatan Wonokromo. Selama ini Mitra mengenalkan produk hanya pada lingkungan sekitar serta kegiatan kegiatan pemerintah kota seperti pasar rakyat pada saat saat tertentu. Kendala yang dialami Mitra saat ini adalah kurangnya ketrampilan dan kurangnya pengetahuan tentang strategi penjualan. Dari permasalahan yang ada pada Mitra, maka Tim Pelaksana IbM “Pembuatan Hiasan Acrilic” bertujuan menambah ketrampilan untuk membantu meningkatkan produktivitas Mitra sehingga dapat memberikan dampak kemandirian Mitra serta peningkatan daya saing penjualan produk kerajinan hiasan acrilic. Dari hasil pengamatan langsung kegiatan Mitra, program IbM akan fokus pada bidang produksi termasuk didalamnya desain produk serta bidang pemasaran produk kerajinan hiasan acrilic. Dalam rangka untuk mencapai tujuan, tim pelaksana memberikan pendampingan, pelatihan, workshop dan pembuatan Web pemasaran kerajinan Acrilic. Sehingga Mitra mendapatkan peningkatan keahlian dan kemudahan dalam pemasaran serta mempunyai kompetensi agar mampu meningkatkan produktivitasnya.

Pada bidang produksi Mitra mendapatkan pelatihan pembuatan pola atau desain kerajinan hiasan acrilic. Pola atau desain dibuat untuk menambah motif atau tema hiasan acrilic yang dimiliki Mitra menjadi lebih menarik dan memiliki daya jual yang tinggi. Pada bidang pemasaran dilakukan pelatihan pemasaran melalui media online seperti pengenalan produk melalui aplikasi web pemasaran, media sosial facebook, instagram, blog dengan fasilitas Search engine optimization serta membantu keikut sertaan dalam pameran-pameran produk kerajinan secara rutin. Akhir dari IBM “Pembuatan Hiasan Acrilic” ini adalah menambah ketrampilan Mitra dalam pembuatan Hiasan Acrilic dan pemasaran produk Hiasan Acrilic.


Keywords


Kerajinan Hiasan Acrilic; Pemasaran Hiasan Acrilic; Web Hiasan Acrlic; IbM Hiasan Acrilic;

Full Text:

PDF

References


Citra Oktavini, Irdamurni, Zulmiyetri, Melatih Ketranpilan Merangkai Bunga Akrilik Melalui Metode Bervariasi Bagi Anak TunaGrahita Ringan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, volume 2 nomor 3 September 2013

Jennifer Niederst Robbins, 2012, Learning Web Design Fourth Edition, Beijing Cambridge Farnham Köln Sebastopol Tokyo.

Jusuf, O. (2010). Rangkaian Bunga dari Tali Satin. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nandayani, S. 2012. Kreasi Cantik Manik Akrilik. Jakarta: Kanaya Press.

Shanty N . 2012. Kreasi Cantik Manik Akrilik. Jakarta: Kanaya Press.

Soemarjadi, dkk. 1991. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Samsul A. 1980. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Debdikbud..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.