PENERAPAN TEKNOLOGI ULTRA FILTRASI SEBAGAI MEDIA FILTERISASI DAN DAUR ULANG AIR PADA MESIN PENDINGIN IKAN JENIS SLURRY ICE DI KAPAL IKAN 30 GT

Andhi Indira Kusuma, M.Rizky Ishardwiyanto, Minto Basuki

Abstract


Kondisi palkah kapal ikan yang menggunakan metode pendinginan tradisional, tidak menjamin kualitas ikan di dalamnya. Hal ini bisa dilihat dari metode penanganan ikan dengan menggunakan es balok suhu pendinginannya tidak dapat dipertahankan. Selain itu, kondisi ikan juga mengalami penurunan kualitas akibat pengaruh adanya lendir, darah, dan kotoran di dalam palkah. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan mesin slurry ice sebagai pendinginan ikan di dalam palkah dengan penambahan sistem filterisasi dan daur ulang air laut sebagai media pendinginan. Disamping itu dilakukan analisa stabilitas kapal ikan akibat penambahan mesin pendingin dan sistem filterisasi tersebut. Perhitungan analisa stabilitas meliputi tiga kondisi yaitu, kondisi kapal tanpa muatan dengan persediaan bahan bakar mesin dan air tawar mencapai 100%; kapal dengan penambahan sistem daur ulang air dan mesin pendingin ikan dengan persediaan bahan bakar mesin dan air tawar mencapai 100%; dan kapal dengan kondisi muatan penuh serta penambahan sistem daur ulang dan mesin pendingin ikan dengan persediaan bahan bakar mesin dan air tawar mencapai 50%. Hasil analisa perhitungan stabilitas dengan bantuan software Maxsurf Stability telah memenuhi standard International Maritime Organization (IMO) tahun 1977 tentang kriteria stabilitas utuh (criteria intact stability). Dimana, nilai maksimum GZ pada sudut kemiringan kapal pada 30° atau lebih adalah 0,2 meter, sedangkan nilai ketiga kondisi di atas berturut-turut adalah 0,442 meter, 0,424 meter, 0,463 meter. Sehingga dengan nilai tersebut, aspek keamanan dan kenyamanan kapal sudah terpenuhi. Sedangkan dari hasil analisis ekonomis, estimasi keuntungan bersih diperoleh sebesar Rp 7.404.800/ trip maka break event point akan tercapai setelah kapal dioperasikan untuk menangkap ikan sebanyak 62 trip atau pada 1 tahun 7 bulan.

Keywords


Kapal Ikan; Mesin Pendingin Ikan; Sistem Daur Ulang Air; Stabilitas Kapal Ikan;

Full Text:

PDF

References


Razali dan Stephan. 2014. Perencanaan Sistem Pendingin Palka Ikan Menggunakan Tenaga Surya, Inovtek, Vol.4, Nomor 2: 98-105.

Syafii, I. 2015. Rancang Bangun Sistem Pendingin Pada Kapal Ikan Dengan Pendinginan Air Laut, Skripsi, Jurusan Teknik Perkapalan, FTMK, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS).

Undang-Undang RI. 2004. Nomor 31, Tentang Perikanan, Pasal 1 No. 9.

Prihatini, A., 2006. Analisis Tampilan Biologis Ikan Layang (Decapterus spp) Hasil Tangkapan Purse Seine Yang Didaratkan Di PPN Pekalongan. Tesis, Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Pantai, Universitas Diponegoro.

Keputusan Mentri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia, 2013, Nomor 52A/ KEPMEN-KP, No. 3a, hlm. 8.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 1997/1998, Peti/ Palkah Berinsulasi, Instalasi Penelitian Dan Pengkajian Teknologi Pertanian, Jakarta.

Notodarmojo, S., dan Deniva, A., 2004, Penurunan Zat Organik dan Kekeruhan Menggunakan Teknologi Membran Ultrafiltrasi dengan Sistem Aliran Dead-End, Tek. Vol 36 A, No. 1, Departemen Teknik Lingkungan ITB, Fakultas Teknik Sispil dan Perencanaan.

Agus, S. Pamitran, Muhammad, F., dan Ruhama, S., 2015, Unjuk Kerja Pembuat Ice Slurry 350W Dengan Air Laut, Departemen Teknik Mesin, Universitas Indonesia, Depok.

Silalahi, M. R., dan Prihartono J., 2015, “Perhitungan Pompa Sentrifugal Satu Tingkat Untuk Mendistribusi Air Bersih Pada PT. X”, Jurnal APTEK, Vol. 7, No. 1, Fakultas Teknik Universitas Tama Jagakarsa.

Veronica, W., 2006. Stabilitas Statis Kapal Kayu Laminasi Tuna Longline 40 GT, Skripsi. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Ultra Filtrasi, [online], (http://www.slideshare.net/dahana, diakses tanggal 30/4/2016).

Mesin Slurry Ice Refriend, [online], (http://www.refriend.com, diakses tanggal 27/04/2016).

Pusat Data Statistik dan Informasi Sekretariat Jendral Kementrian Kelautan dan Perikanan, 2013, Profil Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Untuk Mendukung Industrialisasi KP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.