GEOLOGI DAN PETROGENESA BATUAN ANDESIT DESA SUMBERTANGKIL DAN SEKITARNYA KECAMATAN TIRTOYUDO KABUPATEN MALANG PROPINSI JAWA TIMUR

Sebastian P. Lolong, Handoko Teguh Wibowo

Abstract

Daerah penelitian secara atministratif terletak di Desa Sumbertangkil dan Sekitarnya, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa timur. Secara astronomis terletak pada koordinat X : 700000 - 708000 dan Y : 9079000 - 9084000. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keadaan geologi daerah penelitian, yang meliputi geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi, sejarah geologi serta menentukan petrogensa  batuan andesit pada daerah penelitian. Berdasarkan hasil analisis petrografi didapatkan  jenis batuan andesit yang dominan pada daerah penelitian adalah andesit basaltic, ukuran butirnya halus-sedang. Komposisi mineralnya plagioklas feldspar (40 %) piroksen (15 %) serta gelas,(15%). Opak (5 %) dan masa dasar gelas (40 %) Dari hasil analisis ini  maka batuan andesit pada daerah penelitian terbentuk secara ekstrusi (Lava). Berdasarkan relief, litologi, genesa dan kenampakan morfologi di lapangan maka bentuk asal di daerah penelitian adalah Bentuk Asal Struktural (S), Bentuk Asal Denudasional (D) dan Bentuk Asal Fluvial (F). Urutan satuan batuan dari yang tua ke yang muda pada daerah penelitian yaitu Satuan Tuff, Satuan Breksi Vulkanik, Satuan Lava Andesit, Satuan Batugamping Sisipan Batubara dan terendapkan Satuan Aluvial sebagai Satuan termuda pada daerah penelitian.

Keywords

Andesit; Malang; Litologi;

Full Text:

PDF

References

. Bemmelen, R.W. Van, 1949. The Geology of Indonesia, Vol IA, The Haque Martinus Nijhoff.

. Marks, P., 1961. Stratigrapy Lexicon of Indonesia, Kementerian Perekonomian Pusat Djawatan Geologi Bandung, Publikasi Keilmuan, No. 31, seri Geologi.

. Zuidam, R.A. Van, 1983. Guide to Geomorphology Aerial Photographic Interpretation and Mapping, Netherlands : ITC.

. Thornbury, W.D., 1969. Principle of Geomorphology, 2nd ed., New York : John Willey & Sons Inc.

. Asikin, S.,1986. Dasar-dasar Geologi Struktur , Departemen Teknik Geologi ITB, Bandung

. Hamilton, W.H., 1979. Tectonics of Indonesia Region. Washington : U.S.Geology Survey.

. Williams, H.Turner,F.J., dan Gilbert, C.M., 1954. Petrography and Introduction to The Study of Rock in Thin Section, San Fransisco : Freeman and Company.

. Sudrajat, A., dan Untung, 1975. Batuan Gunungapi dan Struktur Geologi di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat, Geologi Indonesia.

. Graha, D.S., 1987. Batuan dan Mineral, Bandung : Penerbit Nova.

. Endarto, D. 2005. Pengantar Geologi Dasar, Lpp Uns dan Uns Press, Surakarta

. Alzwar, M., Hanang Samodra, dan Jonatan J. Tarigan, 1988. Pengantar Dasar Ilmu Gunungapi, Bandung : Penerbit Nova.

. Howard, A.D., 1967. Drainage Analysis in Geologic Interpretation, AAPG Bulletn, vol.51.

. Le Bas, M.J., Le Maitre, R.W., Streckeisen, A., dan Zanettin, B., 1986.

A chemical classification of volcanic rocks based on the total alkali–silica

Diagram, Journal of Petrology, 27, h.745-750.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.