PERAMALAN PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN PDAM SURABAYA UNTUK PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN PEMODELAN DINAMIK

Ruli Utami

Abstract

PDAM merupakan perusahaan daerah yang ditunjuk oleh pemerintah untuk memproduksi air bersih untuk kepentingan masyarakat. Hal ini menjadi wajar, karena air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Namun perkembangan urbanisasi Kota Surabaya menyebabkan peningkatan jumlah pelanggan yang cukup linier dari tahun ke tahun. Sehingga memaksa pihak PDAM Surabaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap seluruh konsumen. Dari data PDAM Surabaya, terhitung 90% pelanggan yang telah terlayani, hal ini menunjukkan bahwa masih ada 10% pelanggan lain yang belum dapat dilayani oleh PDAM Surabaya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan di bahas bagaimana mengetahui peningkatan jumlah pelanggan PDAM Surabaya dengan membuat peramalan menggunakan Pemodelan Sistem Dinamik. Dari penelitian ini, di harapkan akan dapat membantu pihak PDAM dalam membuat perencanaan kapasitas produksi agar seluruh pelanggan dapat terlayani dengan baik.

Keywords

Sistem Dinamik; PDAM; Peramalan Pelanggan;

Full Text:

PDF

References

Separdi Haja, dkk. (2015). Analisis Kepuasan Pelanggan PDAM Kota Denpasar di Tinjau Dari Aspek Teknis. Jurnal Spektran Vol. 3 No. 1 , 30-37.

Rofiqoh Nurul, dkk. (2013). Optimasi Jumlah Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya Berdasarkan Jenis Pelanggan dengan Metode Fuzzy Goal Programming. Jurnal Sains dan Seni Pomits Vol. 1 No. 1 , 1-6

Putra, E. P. (2014). PDAM Sebut Warga Surabaya Boros Air. Republika.co.id

Annisa Fitriani Z. (2015). Responsivitas Pelayanan Publik dalam Menangani Keluhan Pelanggan di PerusahaanDaerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya. Jurnal Publika Vol. 3 No. 2 , 1-12.

Saputri, A. W. (2011). Evaluasi Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Babakan PDAM Tirta Kerta Raharja Kota Tangerang. Jakarta: Digilib.ui.ac.id.

Joni Hermanto, D. (2014). Evaluasi dan Optimalisasi Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA I) Sungai Sengkuang PDAM Tirta Pancur Aji Kota Sanggau. Jurnal Teknik Lingkungan UNTAN , 1-10.

Ari Agung N. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah AirMinum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor. Jurnal Holistic Journal of Management Research Vol. 3 No. 2 , 13-26.

Amalia Intan Sari, B. D. (2013). Perencanaan Peningkatan Sistem Distribusi Air Minum Sumber Mata Air Umbulan di Wilayah Pelayanan Offtake Waru Kabupaten Sidoarjo . Jurnal Teknik POMITS , D10-D13.

Richardson, G. P. (2013). System Dynamics. (S. I. Gass, & M. C. Fu, Eds.) Encyclopedia of Operations Research and Management Science , 1519-1522.

Sterman, J. D. (2000). Business Dynamics: Systems Thinking and Modeling for a Complex World. New York: Jeffrey J. Shelstad.

Barlas, Y. (1996). Formal aspects of model validity and validation in system dynamics. System Dynamics Review , 12, 183-210.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.