APLIKASI RANDOM BANK SOAL UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATORS (LCG)

Budanis Dwi Meilani, Maslu’ Ailik

Abstract


Ujian Nasional merupakan suatu sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Ujian Nasional digunakan untuk persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan di Indonesia. Linear Congruential Generators (LCG) adalah sebuah metode yang membangkitkan bilangan acak yang banyak dipergunakan dalam program komputer. Pada metode ini, dilakukan perulangan pada periode waktu tertentu atau setelah sekian kali pembangkitan. Hal ini adalah salah satu sifat utama dari metode ini. Penentuan  konstanta  pada  Linear  Congruential  Generators  (LCG)  sangat  menentukan  baik  tidaknya bilangan acak yang diperoleh. Pembangkit bilangan acak atau random number generator adalah suatu algoritma yang digunakan untuk menghasilkan urutan-urutan atau sequence dari angka-angka sebagai hasil dari perhitungan dengan komputer yang diketahui distribusinya sehingga angka-angka tersebut muncul secara random dan digunakan terus-menerus. Untuk itu dibuatnya Aplikais Random Bank Soal Ujian Nasional Sekolah Dasar menggunakan Metode Linier Congruential Generators (LCG). Berdasarkan banyaknya soal-soal pada bank soal yang terdiri dari 60 soal tersebut dikeluarkan sebanyak 15 soal dengan nilai a=1 c=7 maka dari siswa yang pertama sampai dengan siswa yang terakhir tidak ada soal ujian yang urutan soalnya sama antara siswa yang satu dengan yang lain. Dari hasil pengujian yang dilakukan disimpulkan bahwa aplikasi berhasil mengacak nomor urut soal dengan baik, hal ini didapat dari percobaan pada 15 siswa yang berbeda.


Keywords


bilangan acak; Linear Congruential Generators (LCG); ujian nasional;

Full Text:

PDF

References


Afrian. 2014. “Perancangan Aplikasi Game Asah Otak Tebak Kata Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM)”.

Krishnashanthi and Kuppusamy, Dr.K. "Evolving New CAPTCHA using LCG Algorithm and Unpredictable Algorithm" International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA), Volume 2, Issue 3, May-Jun 2012

Pressman, Roger S. 2002. Rekaya Perangkat Lunak, Pendekatan Praktisi (BukuSatu). Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Ramadhan, Andresta. 2009. ”Perbandingan Algoritma Linier Congruential Generators, Blunblumshub, dan MersenneTwisster untuk membangkitkan bilangan acak semu”.

Sekarsari, Dian. 2014. “Implementasi Metode LCM (Linear Congruent Method) Pada Permainan Ludo”. Medan : STMIK Budi Darma Medan.

Triyuliastin, Hepy. 2015. “Perancangan Aplikasi Kuis Wawasan Kebangsaan Menggunakan Metode Linear Congruent Methods (LCM)”. Kediri : Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.