APLIKASI FUZZY LOGIC MAMDANI UNTUK MENGHITUNG JUMLAH PRODUKSI TEMPE

S.Nurmuslimah S.Nurmuslimah

Abstract


Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang dikonsumsi oleh hampir semua lapisan masyarakat. Harganya yang murah menjadikan tempe sebagai makanan yang di gemari. Proses pembuatan tempe sebagian besar masih terbatas pada skala industri rumah tangga. Hampir disetiap kota di Indonesia dapat dijumpai industri pembuatan tempe. Sebagai produk olahan dari kacang kedelai, tempe ahhir-akhir ini menjadi isu nasional karena melonjaknya harga kedelai sebagai imbas melemahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Banyak kendala yang dialami pengrajin tempe, salah satunya adalah menentukaan jumlah tempe yang akan di produksi. Aplikasi yang menggunakan metode fuzzy mamdani diharapkan dapat memberikan alternatif pilihan dalam menghitung jumlah tempe yang akan di produksi, sehingga kerugian akibat kelebihan atau kekurangan jumlah produksi dapat di hindari dengan melakukan perhitungan jumlah produksi pada proses awal produksi. Dengan menggunakan aplikasi fuzzy mamdani pengguna hanya perlu menginputkan data-data yang diperlukan dan sistem akan mengolah data tersebut dan menampilkan output berupa jumlah tempe yang akan di produksi.


Keywords


Tempe; Jumlah Produksi; Fuzzy Mamdani;

Full Text:

PDF

References


Arman Hakim Nasution, (2008). Perencanaan & Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi Sri, (2010). “Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cordón Oscar, (2011). A historical review of evolutionary learning methods for Mamdani-type fuzzy rule-based systems: Designing interpretable genetic fuzzy systems. International Journal of Approximate Reasoning.

Chai Yuanyuan, Limin Jia & Zundong Zhang. (2009). Mamdani Model based Adaptive Neural Fuzzy Inference System and its Application. International Journal of Information and Mathematical Sciences.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.