ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS COBIT 4.1 PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR DIGITAL PRINTING

Awalludiyah Ambarwati, Natalia Damastuti

Abstract

Sebagian besar perusahaan telah mengandalkan Teknologi Informasi (TI) untuk menyelesaikan kegiatan administrasi, pengolahan data dan efisiensi proses bisnis perusahaan. Penerapan TI dalam suatu perusahaan membutuhkan investasi di bidang TI yang cukup besar, untuk itu diperlukan tata kelola TI yang dapat meyelaraskan TI dengan tujuan bisnis. Salah satu perusahaan distributor digital printing telah menerapkan TI untuk mendukung operasional perusahaan. Namun demikian perusahaan tersebut belum menyadari pentingnya tata kelola TI. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan analisa tata kelola TI berbasis framework COBIT 4.1 pada perusahaan distributor digital printing. Hasil analisa menunjukkan bahwa penerapan TI pada perusahaan masih terbatas pada fungsi operasional dan berada pada level satu (initial/Ad Hoc).

Keywords

Tata kelola TI; COBIT 4.1; digital printing;

Full Text:

PDF

References

. Information Technology Governance Institute, 2003, Board Briefing on IT Governance 2nd Edition, Rooling Meadows: IT Governance Institute.

. Information Technology Governance Institute, 2007, COBIT 4.1: Framework, Control Objective, Management Guidelines, Maturity Models, Rooling Meadows, IT Governance Institute. Rooling Meadows: IT Governance Institute.

. Information Technology Governance Institute, 2007, IT Governance Implementation Guide: Using COBIT ® and Val IT TM, 2nd Edition, Rooling Meadows: IT Governance Institute.

. Indrajit, Prof. Ricardus Eko, 2014, Manajemen Organisasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Sarno, R., 2009, Audit Sistem & Teknologi Informasi, Surabaya: ITS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.