PEMANFAATAN METODE COBIT 4.1 UNTUK STANDARISASI SISTEM E-COMMERCE CUSTOMER TO CUSTOMER
Abstract
Banyaknya pengguna internet membuat semakin bermunculnya layanan yang berbasis internet seperti e-Commerce. Ketidak samaan sistem E-Commerce untuk proses transaksi di beberapa situs membuat pengguna harus beradaptasi dengan sistem tersebut. Untuk itu perlu adanya sistem jual beli yang lebih nyaman bagi pengguna dan dapat lebih memudahkan bertransaksi.
Untuk meningkatakan kenyaanan system, desain E-Commerce yang lebih memfokuskan pada pengguna dengan menggunakan standarisasi tata kelola sistem informasi Cobit 4.1 dengan fokus pada Customer Perspective. Bentuk dari standart tersebut adalah tujuan IT (IT Goal) sistem yang digunakan untuk membuat dasar desain system E-Commerce.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kominfo.go.id., Kominfo: jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 83 juta, diambil 29 april 2015, http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A +Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker#.VUFRL9Ltmko.
Turban, E., 2012, Electronic Commerce : A Management and social network perceptive, Prentice Hall.
Savrul, M. dkk, 2014, The Potential of E-commerce for SMEs in a Globalizing Business Environment, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 150: 35–4.
Rosmala, D. dkk, 2012, Implementasi Aplikasi Website E-Commerce Batik Sunda Dengan Menggunakan Protokol Secure Socket Layer (Ssl), Jurnal Informatika,Vol 3(3).
Maria, E., Fibriani, C., Sinatra, L., 2012, The Measurement of Information Technology Performance in Indonesian Higher Education Institutions in The Context of Achieving Institution Business Goals Using Cobit Framework Version 4.1, Journal of Arts, Science & Commerce, 3 (3): 2231-4172.
Turban, E., 2002, Introduction to e-commerce, Prentice Hall
Jurjenoja, J., 2015, C2C e-commerce: From a fad to a major phenomenon, Kaupan litto.
Maxmanroe, Mengenal 5 Bentuk Bisnis Ecommerce Yang Ada Di Indonesia, diambil pada tanggal 28 juli 2016, https://www.maxmanroe.com/mengenal-5-bentuk-bisnis-ecommerce-yang-ada-di-indonesia.html
IT Governace Institute, 2008, COBIT 4.1 Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models.
ISACA, 2007, COBIT 4.1: Enabling Processes is available as a complimentary, IT Governance Institute, Illinois, USA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.