ANALISA PROKSIMAT TERHADAP PEMANFAATAN LIMBAH KULIT DURIAN DAN KULIT PISANG SEBAGAI BRIKET BIOARANG

Mochamad Agil Yogi Parama, Erlinda Ningsih, Yustia Wulandari Mirzayanti

Abstract


Biomassa dari limbah kulit durian dan kulit pisang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga perlu adanya alternatif pengolahan agar menjadi bahan yang lebih bermanfaat. Salah satu pengolahan limbah adalah menjadikannya sebagai bahan bakar alternatif briket bioarang. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat briket bioarang campuran kulit durian dan kulit pisang yang sesuai standar SNI 01-6235-2000 . Metode penelitian dilakukan dengan melakukan proses pirolisis pada suhu 300?C selama 2,5 jam dan melakukan analisa proksimat pada briket bioarang dengan variasi komposisi bahan baku dan ukuran partikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kalor briket bioarang dengan komposisi kulit durian 80%, kulit pisang 10%, dan perekat tapioka 10% merupakan yang tertinggi, yaitu sebesar 5.348,697 kkal/kg pada 100 mesh dan 4.779,389 kkal/kg pada 80 mesh. Dari hasil uji eksperimen diperoleh titip optimum pada briket bioarang komposisi campuran 80% kulit durian, 10% kulit pisang, dan 10% perekat tapioka pada 100 mesh, yaitu kadar air 7,8%, kadar abu 8,49%, dan kadar volatile matter 10,58%.


Keywords


briket; bioarang; nilai kalor; kulit durian; kulit pisang; pirolisis;

Full Text:

PDF

References


Amin, S. 2000. Penelitian Berbagai Jenis Kayu Limbah Pengolahan Untuk Pemilihan Bahan Baku Briket Arang. Jakarta: Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi.

Borman, G. L. and Ragland, K. W. 1998. Combustion Engeneering. McGraw-Hill: New York.

Chandra,T.C, dkk. 2008. Activated Carbon from Durian Shell: Preparation and Characterization. Surabaya: Universitas Widya Mandala.

Syamsiro, M dan Saptoadi, H. 2007. Pembakaran Briket Biomassa Cangkang Kakao: Pengaruh Temperatur Udara Preheat. Yogyakarta.

Hendra, D. 2007. Pembuatan Briket Arang dari Campuran Kayu, Bambu, Sabut Kelapa dan Tempurung Kelapa sebagai Sumber Energi Alternatif. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan.

Hindarso. 2007. Asap Air (Liquid Smoke) dan Sampah Organik dengan Proses Pirolisis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sudiro dan Suroto, S. 2014. Pengaruh Komposisi dan Ukuran Serbuk Briket Yang Terbuat dari Batubara dan Jerami Padi Terhadap karakteristik Pembakaran. Surakarta: Politeknik Indonusa.

Wahidin, N, dkk. 2014. Synthesis Preliminary Studies Durian Peel Bio Briquettes as an Alternative Fuels. Madiun: Universitas Merdeka.

Sudrajat dan Soleh. 1994. Petunjuk Teknis Pembuatan Arang Aktif. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan.

Maryono, dkk. 2013. Pembuatan dan Analisis Mutu Briket Arang Tempurung Kelapa Ditinjau dari Kadar Kanji. Makassar: Universitas Negeri Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.