PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SPRINGBED METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (STUDI KASUS PT. XYZ)

Amirul Ihwan, Suhartini Suhartini

Abstract

Suatu perusahaan dalam mengantisipasi permintaan (demand) dari konsumen yang sangat besar, sering kali perusahaan mengalami overstock  bahan baku dan sering juga mengalami kehabisan bahan baku berakibat  terhambatnya proses produksi yang berimbas kerugian pada perusahaan. Kondisi actual persediaan bahan baku di gudang. Sehingga sering terjadi permintaan  produksi yang tidak terjadwal dan jumlah pemesanannya tidak sebanding dengan rata-rata kebutuhan bahan baku. PT. XYZ. Perusahaan membutuhkan suatu perencanaan bahan baku supaya produksi dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Perencanaan bahan baku sangat berpengaruh terhadap jalannya produksi. Dalam penelitian ini yang pertama adalah melakukan peramalan dengan menggunakan moving averages, exponential smoothing dan regresi linear kemudian dipilih  nilai error terkecil. Kedua hasil peramalan akan dijadikan dasar jadwal induk produksi yang kemudian akan dilakukan perhitungan dengan metode MRP teknik lot sizing.  Maka akan memperoleh suatu hasil yang sesuai permasalahan yang ada dengan hasil perencanaan material yang tepat  bagi perusahaan. Hasil dari  analisa yang dilakukan dengan menggunakan metode MRP teknik Economic Order Quantiy total biaya Rp 40.208.303.051. Period Order Quantity total biaya Rp 27.490.541.299 dan  Lot For Lot total biaya 25.727.255.780. Maka dari hasil penelitian bahan baku di PT. XYZ dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan teknik lotsizing yang lebih ekonomis yaitu Lot For Lot. Sehingga dari ketiga metode tersebut dipilih metode  Lot For Lot  yang bisa diterapkan di perusahaan.

Keywords

Springbed; Peramalan; Economic Order Quantity; Periode Order Quantity; Lot for lot;

Full Text:

PDF

References

Arman Hakim & Yudha Prasetyawan. 2008. Perencanan & Pengendendalian Produksi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Agus Surianto 2013. Penerapan Metode Material Requirement Planning (Mrp) Di Pt. Bokormas Mojokerto, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, FEB UB Malang.

Baroto T, (2002), Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Dwika Ery Irwansyah 2010. Penerapan Material Requirements Planning (Mrp) Dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Jamu Sehat Perkasa Pada Pt. Nyonya Meneer Semarang. Tugas Akhir Program Sarjana, FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG.

Firmansyah Saleh, Penerapan Material Requirement Planning (Mrp) Pada Sistem Informasi Pesanan Dan Inventory Control Pada Cv. Abc, Jurnal Komputer dan Informatika (KOMPUTA) 77 Edisi. I Volume. 1

Gaspersz, Vincent, 2004, Production Planning and Inventory Control, PT. Gramedia

Gaspersz, Vincent. 1998. Production Planning and Inventory Control. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

I Nyoman Yudha Astana1 2007 Perencanaan Persediaan Bahan Baku Berdasarkan Metode Mrp (Material Requirements Planning) di PT Torsina Redikon, jurnal ilmia teknik vol 11

Makridakis, Spyros, Steven C. Wheelwright, Victor E. McGee. (1999). Metode dan Aplikasi Peramalan. Jilid 1. Edisi ke-2. Binarupa Aksara, Jakarta.

Render, Barry, Jay Heizer. (2001). Prinsip-prinsip Manajemen Operasi. Edisi Pertama. Salemba Empat, Jakarta.

Soegihardjo, Oegik. 1999, Studi Kasus Perbandingan Antara 'Lot-for-Lot' dan 'Economic Order Quantity' Sebagai Metode Perencanaan Penyediaan Bahan Baku.

Tampubolon, P. Manahan, 2004, Manajemen Operasional, edisi pertama, Ghalia Indonesia

Tersine, Richard. J. 1994. Principles of Inventory and Materials Management. New Jersey: Prentice-Hall.

Yamit, Zulian. (1999). Manajemen Persediaan. Cetakan ke-1. PT. Surya Sarana Utama,Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.