ANALISIS PERFORMA CIRCULATING WATER PUMP PADA INDUSTRI PEMBANGKITAN (STUDI KASUS PLTU BOLOK NTT)

Heru Mirmanto, Nur Ikhwan

Abstract

Circulating Water Pump (CWP) adalah pompa yang digunakan untuk mensirkulasikan air pendingin (air laut) kondensor pada industri pembangkitan (PLTU). Apabila performa pompa mengalami penurunan, maka jumlah uap yang dapat dikondensasikan menjadi cair kembali mengalami penurunan. Sehingga biaya produksi akan meningkat akibat air kondensat yang ditambahkan lebih banyak dan efisiensi siklus Rankine semakin menurun.

Pada operasinya, karakteristik kerja performa CWP tidak hanya di sebabkan oleh kondisi pompa itu sendiri, melainkan juga dipengaruhi oleh kondisi instalasi (konstruksi intake canal, saluran pipa dll). Parameter performa CWP adalah Kapasitas, Head, Daya dan Efisiensi. Pada PLTU Bolok Kupang, NTT, CWP menggunakan pompa jenis mixed flow centrifugal pump. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penurunan performa CWP. Analisis performance dilakukan secara analitis dan numerik menggunakan simulasi CFD. Hasil analisis diharapkan dapat meberikan masukan guna perbaikan performa PLTU.

Keywords

Head; simulasi CFD; performa pompa;

Full Text:

PDF

References

Sularso. 2000. Pompa dan Kompresor. Jakarta: Pradnya Paramita

Robert, W Fox & Alan T. McDonald . 2010. Introduction to Fluid Mechanics 8th. John Wiley & Sons, Inc, Asia.

Mirmanto & Iis Rohmawati. 2014. The Effect of Adding FFST on Secondary Flow Characteristics Near Endwall of Asymmetry Airfoil, International Conference on Statistics and Mathematics AM09 paper 123, Institut teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Lin (2002), "Low-Profile Vortex Generators To Control Boundary-Layer Separation", Progress in Aerospace Sciences 38 (2002) 389–420.

Igor Karassik,J. 2001. Pump Handbook. 3th, McGraw Hill, New York.

M. Khetagurov .1954. Marine Auxiliary Machinery and Systems . Peace Publishers Moscow.

M J. Moran & H N. Shapiro . 2006. Fundamentals of Engineering Thermodynamics 5th Edition John Wiley & Sons, Inc.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.