UPAYA PERCEPATAN PROYEK RUMAH HUNIAN DENGAN OPTIMALISASI BIAYA DI PT. XYZ DENGAN PENDEKATAN CPM & PERT

Narto Narto, Lukmandono Lukmandono

Abstract


Waktu dan biaya penyelesaian proyek adalah hal penting yang harus direncanakan dan dikendalikan dalam pelaksanaan proyek. Untuk mendapatkan waktu dan biaya yang minimum tanpa harus mengurangi kualitas output yang dihasilkan, maka diperlukan suatu perencanaan jaringan kerja  dan menyusun jadwal kerja yang optimum sehingga penyelesaian proyek selesai tepat pada waktunya. Pada proyek pembangunan rumah hunian di PT. XYZ terdapat 40 aktivitas kegiatan terdiri dari 6 sub kegiatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan metode CPM untuk menganalisa penyelesaian proyek dengan efisiensi waktu dan metode PERT dengan tiga estimasi waktu untuk mengetahui tingkat probabilitas kemungkinan kurun penyelesaian proyek tepat waktu.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode CPM didapatkan durasi waktu penyelesaian proyek normal adalah 446 hari, dengan biaya total penyelesaian proyek adalah Rp. 3.665.822.000 sedangkan dengan menggunakan metode PERT durasi penyelesaian proyek dengan nilai te = 444,5 hari dan titik proyek dipercepat (TPD) adalah 318 hari dengan biaya penyelesaian proyek adalah Rp. 3.115.926.000.


Keywords


Jaringan Kerja; Lintasan Kritis; CPM; PERT; Probabilitas;

Full Text:

PDF

References


. Badri, S. 1997. Dasar-dasar Network Planning. Jakarta : Graha ilmu.

. Cleland dan King. 2004. Factors Affecting the Success of a Construction Project. Journal of Contruction Engineering and Management : ASCE.

. Heizer, Jay dan Barry Render. 2005. Operations Management (Manajemen Operasi). Jakarta : Salemba Empat.

. Kareth, M. 2012. Analisis Optimalisasi Waktu dan Biaya Dengan Program Primavera 6.0 (Studi Kasus: Proyek Perumahan Puri Kelapa Gading). Jurnal Sipil Statik.Vol.1 No.1, November 2012.

. Levin , Richard I. dan Charles A. Kirkpatrick.1972. Perentjanaan dan Pengawasan dengan PERT dan CPM. Jakarta : Bhratara.

. Permana, Deni. 2016. Penjadwalan Waktu Proyek Construction Civil Foundation Alfamart dengan menggunakan Critical Path method (CPM). Journal Spectrum Industri, Vol. 14, No.1.h. 1-188.

. Putra, Andi Eka. 2013. Pengendalian Waktu dan Biaya Dengan Metode Crash Program (Studi Kasus: Pembangunan Balai Adat Belawan). Tesis Fakultas Teknik Sipil. Program Magister Teknik Sipil. Universitas Islam Indonesia.

. Raharja Irwan. 2014. Analisa Penjadwalan Proyek Dengan Metode PERT di PT. Hasana Damai Putra Yogyakarta pada Proyek Perumahan Tirta Sani. Jurnal Bentang Vo.2 No.1 Januari. 2014.

. Santoso Budi. 2003. Manajemen Proyek Konsep dan Implementasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

. Siswnto.2007. Operational Research Jilid1. Jakarta: Erlangga.

. Soeharto, Iman. 2001. Manajemen Proyek dari Konseptual Sampai Operasional. Jilid 2. Edisi ke-2. Jakarta: Erlangga.

. Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta : Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.