PENEMPATAN DG PADA JARINGAN SISTEM DISTRIBUSI UNTUK MENINGKATKAN STABILITAS TEGANGAN

Efrita Arfah Z

Abstract

Stabilitas tegangan pada sistem distribusi adalah masalah dasar yang harus dihadapi dan ditemukan solusinya. Drop tegangan menjadi ancaman untuk keamananan dan keandalan jaringan. Hal tersebut merugikan konsumen karena merusak peralatan listrik. Ketidakstabilan tegangan akan sampai pada pemadaman. Untuk menjaga tegangan tetap dalam batas pengoperasian maka digunakan analisa stabilitas tegangan dalam perencanaan dan monitoring secara online pada sistem jaringan distribusi. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode evaluasi kestabilan sistem tenaga dengan menggunakan eigenvalue yang dihasilkan dari matrik jacobian. yang selanjutnya untuk analisa profil tegangan dan indeks pembebanan kritis dilakukan dengan continuation power flow.

Keywords

Stabilitas; peralatan listrik; monitoring; continuation power flow;

Full Text:

PDF

References

Selve “Optimal Allocation of Distributed Generation to Minimize Loss in Distribution System” International Journal of Advanced Research in Electrical, Electronics and Instrumentation Engineering Vol. 3, Special Issue 4, May 2014.

A. Apparao, K. Bhashna. Optimal Allocation of DG Considering Loss Minimization and Voltage Profile Using PSO. Volume 4 Issue 9, September 2015 www.ijsr.net

S.P.Rajaram, V.Rajasekaran, V.Sivakumar. Optimal Placement of Distributed Generation for Voltage Stability Improvement and Loss Reduction in Distribution Network. Volume 3, Special Issue 3, March 2014 2014 International Conference on Innovations in Engineering and Technology (ICIET’14)

P.Kundur,”Power system stability and control,”New York:McGraw-Hill 199

Al-AbriRashid, “Voltage stability Analysis with High Distributed Generation Penetration,” Electrical and Computer Engineering Waterloo, Ontario, Canada 2012.

M.Ettehadi, H.Ghasemi and S.Vaezzadeh, “Voltage stability based DG placement in distribution network,” IEEE Transactions on Power Delivery, vol. 28, no. 1, Jan.2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.