PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PROTEKSI TERHADAP GANGGUAN TEGANGAN LEBIH BERBASIS MIKROKONTROLER

Riza Agung Firmansyah, Titiek Suheta, Krisna Sutopo

Abstract


Pada instalasi kelistrikan rumah daya 1300 VA merupakan instalasi sederhana yang menggunakan tegangan 1 phasa 220 Volt. Toleransi tegangan pelayanan  PLN terhadap kenaikkan dan penurunnan tegangan adalah +5% dan -10% dari tegangan kerja. Namun ada kalanya tegangan yang sampai di titik pemakaian pelanggan melebihi ataupun juga kurang dari batas tegangan pelayanan tersebut. Sehingga akan mengakibatkan kerusakan langsung pada peralatan yang dimiliki oleh pelanggan. Bagi pelanggan Jaringan Tegangan Rendah, belum ada alat proteksi untuk mengatasi gangguan tersebut. Sehingga tujuan penelitian ini adalah merancang alat proteksi untuk tegangan lebih pada instalasi rumah daya 1300 VA. Alat tersebut digunakan untuk mendeteksi tegangan lebih pada sistem tegangan 1 phasa. Tegangan kerja dibaca menggunakan transformator non CT 1A. Keluaran transformator diolah menggunakan pengkondisi sinyal untuk menghasilkan output digital. Output digital ini dijadikan masukan mikrokontroler. Mikrokontroler akan memutuskan apakah tegangan normal atau lebih. Saat tegangan lebih terdeteksi, mikrokontroler memutus kontaktor beban sehingga beban peralatan aman dari gangguan tegangan lebih. Hasil penelitian ini adalah sistem mampu memutus koneksi beban jika mendeteksi tegangan diatas 242 volt selama lebih dari 5 detik.


Keywords


Proteksi Tegangan Lebih; Instalasi Rumah Tangga Daya 1300 VA; Mikrokontroler;

Full Text:

PDF

References


. Dugan, Roger C. 2012. Electrical Power Sistems Quality. :McGrawHill Professional.

. Sholihin, Lutfi Riyadus. 2012. Gangguan Pada Saluran Udara Tegangan Rendah. Malang : Universitas Negeri Malang.

. D Siregar. 2012. Sistem Distribusi Tenaga Listrik. Medan : Universitas Sumatera Utara.

. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia no 4 tahun 2009. Aturan Penyambungan. Jakarta.

. Satria, Bagus Catur Febriantoro, Bambang Suprianto. 2014. Sistem Proteksi Gangguan Arus Lebih Menggunakan Sensor ACS712ELC5A. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

. Firman, Abidin dan Irwan Nimara. 2012. Proteksi Petir Terhadap Sistem Tenaga Listrik Menggunakan Alat Bantu di PLN Kramat Jati. Jakarta : Universitas Gunadharma.

. Mery, Seksio Kardila, Yulisman, Budi Santosa. 2013. Sistem Proteksi Pembangkit Jenis Relay Daya Balik (Reverse Power Relay /32). Malang : Universitas Brawijaya.

. Naskan. 2013. Dasar Pemrograman C Untuk Mikrokontroler. Sleman Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.

. Siagian, A. 2011. Studi Tentang Cara Pemisahan Rugi-Rugi Hysteresis Dan Eddy Current Pada Transformator Distribusi (Aplikasi pada PT. Morawa Electric Transbuana). Medan: Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.