ANALISA OPTIMASI MANAJEMEN ENERGI LISTRIK CHILLER PADA CENTRAL AIR CONDITIONING PLAN DI MALL MARVELL CITY – SURABAYA

Nurmansyah Dwi Cahyono, Titiek Suheta Suheta

Abstract


Dewasa ini kebutuhan akan energi listrik untuk keperluan rumah tangga, gedung maupun industri semakin meningkat dan tidak bisa di remehkan lagi. Kebutuhan ini akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi. Dengan banyaknya penggunaan energi listrik ini, tentu perlu dilakukan efisiensi terhadap penggunaannya. Mall merupakan salah satu pengguna energi listrik yang besar, khususnya pemakaian energi listrik di sisi sistem pendingin. Oleh karena itu perlu dilakukan penghematan energi pada suatu mall tersebut. Mall Marvell City – Surabaya adalah salah satu Mall besar yang baru dibuka dan kondisi mall masih relatif sepi karena masih belum banyak tenant yang masuk, maka dari itu Mall Marvell City memerlukan penghematan energi karena konsumsi energi yang kurang efisien. Usaha penghematan energi pada mall ini dilakukan pada sistem HVAC, khususnya pada sisi water chiller dengan mengoptimasi manajemen pemakaian energi listrik dan menghitung besar nilai Coefficient Of Performance (COP) water chiller tersebut. Dari hasil analisa didapatkan kenaikan COP sebesar 0.584, dimana nilai sebelum optimasi sebesar 6.181. dengan kenaikan COP akan memperbaiki performa mesin chiller tersebut. Efisiensi energi listrik water chiller setelah optimasi sebesar 138,82 kWh/Hari.


Keywords


HVAC Water Chiller; Coefficient Of Performance ( COP ); Optimasi manajemen energy; efisiensi energy listrik;

Full Text:

PDF

References


Putri, A D. 2014,“ pemilihan Alternatif Peluang Hemat Energi Listrik Dengan Pendekatan Metode Anp dan Promethee”, jurnal rekayasa dan manajemen sistem industri vol. 3 no. 1 Teknik Industri Universitas Brawijaya.

,2016.”Pemakaian Listrik Di asia dan Indonesia yang terboros.” http://www.alpensteel.com/article/47-103-energi-angin--wind-turbine--wind-mill/3566--pemakaian-listrik-diasian-indonesia-yang-terboros.htm, ( diakses : 11/02/2016 ; 4.30 PM ).

,2016. “ Peraturan Mentri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor:13 Tahun 2012, Jakarta : Sekretariat Negara. (Diakses:14/02/2016 ; 13.40 PM ).

Arismunandar, Wiranto. 1991. “ Penyegaran Udara “,Pradnya Paramita; cetaken ke-4.

2016.perhitungan daya masuk motor induksi 3 phasa. http://www.energyefficiencyasia.org/docs/ee_modules/indo/Chapter%20-%20Electricity%20(Bahasa%20Indonesia).pdf, ( Diakses :10/02/2016 ; 1.44 AM ).

Badan Standardisasi Nasional. 2000. SNI 03-6196-2000, Prosedur Audit Energi Pada Bangunan Gedung. Jakarta: BSN.

Wafi, Dendy Yumnun. 2012. “ Optimasi dan Manajemen Energi Kelistrikan di Gedung Mall City Of Tommorrow “. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.