PEMANFAATAN PAVING STONE BETON BERPORI DENGAN BAHAN TAMBAHAN SIKACIM UNTUK MENANGGULANGI PERMASALAHAN BANJIR

Arie Wardhono

Abstract


Paving stone beton merupakan material yang paling banyak ditemui dan digunakan sebagai material infrastruktur terutama di perumahan dan taman. Namun kelemahan utama paving stone beton normal adalah rendahnya kemampuan mereduksi air limpasan akibat genangan air yang tinggi yang diakibatkan oleh tingginya curah hujan di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Salah satu upaya untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan menggunakan paving stone beton berpori yang memiliki kemampuan cukup tinggi dalam menyalurkan atau meresapkan air genangan akibat banjir ke dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sikacim terhadap kuat tekan dan porositas paving stone beton berpori. Paving stone beton berpori dibuat dengan campuran 1,0 semen : 4,0 agregat : 0,32 air dengan rasio penambahan sikacim terhadap berat semen sebesar 0,001, 0,002, 0,003, 0,004 dan 0,005 berat semen. Pengujian yang dilakukan adalah uji kuat tekan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas, serta uji porositas untuk mendapatkan kemampuan paving stone beton berpori dalam menyerap air.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuat tekan tertinggi dicapai oleh paving stone beton berpori dengan penambahan sikacim 0,001 dengan kuat tekan sebesar 14,24 MPa dengan nilai porositas 22,09% dan kecepatan serap air sebesar 0,411 cm/detik. Berdasarkan nilai kuat tekan, paving stone beton berpori dengan penambahan sikacim 0,001 masuk dalam kategori kualitas C-D dan cenderung untuk dapat digunakan pada area pedestrian dan taman.


Keywords


Paving stone berpori; sikacim; kuat tekan; porositas; kecepatan serap air;

Full Text:

PDF

References


Tamara, P., dan Sahusilawane, D., 2009, Pembuatan Porous Concrete Stone. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Ainnurdin, K., 2016, Pengaruh Penggunaan Bahan Admixture Sikacim Terhadap Penguatan Kuat Tekan dan Permeabilitas Permeaconcrete Paving Stone. Jurnal Rekats, Vol. 3 No. 3 2016.

Grajuantomo, 2008, Pembuatan Beton Lulus Air (Porous Concrete) Menggunakan Material Geopolimer Sebagai Bahan Pengikat. Universitas Indonesia, Jakarta.

Standar Nasional Indonesia, 1996, SNI 03-0691-1996: Bata Beton (Paving Stone), Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Portland Cement Association, 2004, Concrete Technology Today, December 2004, http://www.cement.org/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.