PEMILIHAN SUBKONTRAKTOR PADA PROYEK PENGEMBANGAN RUMAH SAKIT DR. SOETOMO DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Mohamad F.N. Aulady, Felicia Tria Nuciferani, Yudha Pratama

Abstract


Pembangunan pada dunia konstruksi semakin berkembang. Oleh karenanya banyak kontraktor yang mendapatkan proyek lebih dari satu. Bila terjadi demikian untuk mempermudah pelaksanaan, biasanya kontraktor akan memberikan pekerjan tersebut kepada subkontraktor. Dalam pemilihan subkontraktor, tiap kontraktor tentu mempunyai kriterianya masing-masing. Oleh karena itu penelitian ini mencoba memberikan solusi alternatif dalam hal pemilihan subkontraktor finishing pada proyek Pengembangan Rumah sakit Dr. Soetomo oleh PT. Pembangunan Perumahan yang berada di wilayah Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan metode pengambilan keputusan yang dikembangkan untuk pemberian prioritas beberapa alternatif ketika beberapa kriteria harus dipertimbangkan. Dari data lapangan ada 3 subkontraktor yang siap mengerjakan kebutuhan proyek. Dari penelitian ini diperoleh kriteria dengan prioritas paling penting yaitu kriteria keuangan dengan bobot 30% dengan subkriteria nilai penawaran dengan bobot 9,7% dan subkontraktor terpilih adalah subkontraktor X. 

Keywords


Pemilihan Subkontraktor; AHP;

Full Text:

PDF

References


T. L. Saaty dan E. H. Forman, 1992, The Hierarchon, dalam A Dictionary of Hierarchies.

ISBN 0-962-0317-5-5, RWS, pp. Vol. V, AHP Series.

K. Adha, 2013, Pengertian Analitycal Hierarchy Process (AHP). [Online]. Available:

http://metode-ahp.blogspot.co.id.

Y. A. Messah, D. S. Krinsnayanti dan R. D. R. Pono,2012, kriteria, subkontraktor, analytic hierarchy process (AHP), expert choice,Kajian Kriteria Pemilihan Subkontraktor Oleh Kontraktor Utama Dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). pp. 43-

K. Suryadi dan M. Ramdhani,1998, Sistem Pendukung Keputusan, PT. Remaja, Bandung :

Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.