EVALUASI TARIF BUS ANTARKOTA DALAM PROVINSI BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN TRAYEK SURABAYA-TRENGGALEK

Theresia Mca Mca, Andy Kurniawan

Abstract


Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) antara PO.Harapan dan PO.Pelita Indah dan juga mencari berapa biaya operasional kendaraan setiap bus per km. Angkutan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) adalah salah satu pengangkutan penumpang yang dioperasikan secara teratur/terjadwal dan tepat waktu. Bus PO.Harapan dan PO.Pelita Indahmerupakan angkutan AKDP dengan trayek Surabaya - Trenggalek. Jarak Trayek Surabaya-Trenggalek  kira-kira 188 km.

Metode yang dilakukan untuk mengevaluasi tarif terhadap Biaya Operasional Kendaraan adalah metode perhitungan biaya pokok bus angkutan umum kelas ekonomi yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan dimana merupakan data sekunder.Sedangkan data primer ditujukan untuk mendapatkan gambaran biaya/harga komponen-komponen kendaraan dilakukan dengan wawancara langsung dengan pengusaha angkutan.

Berdasarkan hasil evaluasi tarif AKDP didapat BOK bus PO.Harapan dengan nilai sebesar Rp 4.887,79 /bus-km dan besarnya tarif BEP sebesar Rp 16.274,74 /pnp. BOK bus PO.Pelita dengan nilai sebesar Rp 4.589,33 /bus-km dan besarnya tarif BEP sebesar Rp 15.539,34 / pnp. Dengan tarif yang berlaku saat ini untuk kedua perusahan tersebut adalah sebesar RP.20.000,00.Kedua pengusaha angkutan mendapatkan keuntungan dimana tarif yang berlaku saat ini wajar untuk menutupi Biaya Operasional Kendaraan.


Keywords


Tarif; Biaya Operasional Kendaraan (BOK); Angkutan Kota Dalam Propinsi (AKDP);

Full Text:

PDF

References


Dimas Pamungkas dan Elizabeth Diah K (2007) Tentang Evaluasi Tarif Angkutan Umum Penumpang Kota Semarang (Studi Kasus Bus Patas Ac rute Banyumanik – Pasar Johar dan Pucang Gading – Ngaliyan).

Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat NomorSK.687/AJ.206/DRJD/2002. Tentang Pedoman TeknisPenyelenggaraan Angkutan Umum Di Wilayah Perkotaan dalamTrayek Tetap dan Teratur.

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 35 Tahun 2003. TentangPenyelenggaraan Angkutan Orang di jalan dengan Kendaraan Umum

Morlok, Edward K. 1978. Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi .Penerbit Erlangga

Taty Yuniarti 2009 tentang Analis Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, Ability to Pay dan Willing to Pay (Studi Kasus Po.Atmo trayek Palur-Kartasura di Surakarta).

Warpani, Suwardjoko. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung:Penerbit ITB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.