Orientasi Pengembangan Manajemen Unit Bisnis Strategis Dalam Menunjang Sektor Pendapatan Serta Keberlanjutan Usaha UMKM Indonesia Go Digital

Budianto Tedjasuksmana

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah  konvensional perlu melakukan perubahan menjadi UMKM Go Digital, sebagai strategi jangka panjang untuk hidup berkelanjutan. Masa pandemi corona yang melanda Indonesia dan dunia, telah mendorong para pelaku bisnis pada umumnya di Indonesia menggunakan media sosial, sebagai sarana pemasaran dan penjualannya. UMKM Go Digital kelompok kecil, perlu diwadahi pemerintah dengan membentuk  sentra-sentra peluang usaha berupa unit bisnis – unit bisnis UMKM, sebagai anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi pendapatan, dan keberlanjutan usaha. Dengan metode pendekatan analisis deskriptif, serta berdasarkan hasil-hasil penelitian yang ada, diharapkan bahwa UMKM di Indonesia khususnya kelompok kecil, menjadi partner bisnis Badan Usaha Milik Negara.


Keywords


UMKM Go Digital; unit bisnis strategis UMKM

Full Text:

PDF

References


Badan Statistik, Laporan No 64/08/th XXIII, 5 Agustus 2020

www. Depkop.go.id

Alvara, Beyond Insight. Alvara research Center 2020

Tedjasuksmana.. Budianto,, Membangun Lingkungan Bisnis UMKM dalam Pemanfaatan Digital Financial Technology, Prosiding Seminar Tehnologi kebumian dan Kelautan II, 2020

Wardhana, A, Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia, 2015

Ashir., Ahmed, Helana., Scheeper dan Rosemary., Stockdale, Social Media Research; A Review of Academic Research and Future Research Direction, Pacific Asia Journal Of Association for information Systems 6 (1), 3, 2014

Hardilawati, Wan Laura,Strategi bertahan UMKM di tengah pademi Covid 19. Jurnal Mitra Manajemen On line Universitas Muhammadiyah Riau, 2020

Martanto, Kusumo, http://thebusinessnews.co/2016/06/03/potensi-bisnis-e-commerce-kian-

Slamet, Rahmat., Nainggolan, Bilpen., Roessobiyatno., Ramdani, Heru., Hendriyanto, Agung., Luk lu”ul Ilma, Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas, Jurnal manajemen Indonesia, vol 16, No 2 April 2016

Jauhari, Jaidan, Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce, Jurnal Sistem Informasi (JSI) http://ejournal.unsri.ac.id.index.php./jsi/index. vol 2 no 1 Apriil 2010

Kemenkop, Sinergitas Pngembangan KUMKM Melalui Penguatan Peran Antar Lembaga, 23 Agustus 2019

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia dan Bank Indonesia, Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah UMKM, 2015

Saymeh, Abdul Aziz farid, dan Dr Solieman Abu Sabha, Assessment Of Small Enterprise Financing, Case Of Jordan, Global Journal, Of Management and Business Research, C Fianace volume 14, Issue 2, Version 1,0, Global Journal Inc (USA). 2014

Wiley Encyclopedia of Management vol 12 Strategic Management


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.