Analisis Respon Struktur dan Level Kinerja Bangunan Pasca Gempa Pada Gedung Hotel Biliton

Heri Istiono, Habib Nocky Dwi Misbah Prasetyo

Abstract


Untuk meminimalkan korban jiwa akibat tertimpa runtuhan bangunan saat gempa adalah dengan melakukan analisis respon struktur bangunan saat bangunan diguncang gempa, yang mana hal tersebut diatur dalam SNI 1726 – 2012 yang menjelaskan syarat – syarat dan batasan – batasan pada bangunan saat terjadi gempa bumi. Selain hal tersebut juga harus dilakukan perencanaan level kinerja pada bangunan setelah diguncang gempa, yang mana hal tersebut diatur pada FEMA 356. Pada penelitian kali ini dilakukan pada gedung Hotel Biliton Di Yogyakarta dengan menggunakan 2 metode pembeban gempa. Metode ke-1 menggunakan metode respon spectrum untuk melakukan analisis perilaku struktur setelah diberikan beban gempa. Metode ke-2 menggunakan metode analisis psuhover 2 dimensi untuk menentukan level kinerja bangunan setelah diguncang gempa. Untuk metode ke-1 diperoleh periode getar sebesar 1,52 s , displacement arah X sebesar 34,62 mm dan displacement arah Y sebesar 40,813 mm. Untuk metode ke-2 diperoleh level kinerja untuk beban gempa arah X adalah Immediate Occupancei dan level kinerja untuk beban gempa arah Y adalah Life Safety.

Keywords


Analisis Struktur; Bangunan tahan gempa; Level kinerja; Respon Spectrum; Pushover analisis

Full Text:

PDF

References


BSN, SNI 1726-2012 Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur gedung dan non gedung, Jakarta, 2012.

Federal Emergency Management Agency, Prestandard And Comentary for The Seismic Rehabilitation Of Building . Washington, 2000.

Heri Istiono dan Jaka Propika. Analisa Non-Linier Pada Mekanisme Keruntuhan Jembatan Rangka Baja Tipe Pratt.. Borneo Engineering: Jurusan Teknik Sipil, Volume 1: 2. Desember 2017.

Prof. Budiono, Bambang dan Lucky Supriatna. Studi Komparasi Desain Bangunan Tahan Gempa. Bandung: Penerbit ITB. 2011.

Wahyuni, E., and Tethool, Y. 2015. Effect of Vierendeel Panel Width and Vertical Truss Spacing Ratio in Staggered Truss Framing System Under Earthquake Loads, International Journal of Civil Engineering, Vol. 13, No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.