Rancang Bangun Alat Otomatis Pemilah Sampah Logam, Organik Dan Anorganik Menggunakan Sensor Proximity Induksi Dan Sensor Proximity Kapasitif

Angga Fernanda Agustya, Akhmad Fahruzi

Abstract


Besarnya jumlah penduduk dan laju pertumbuhan merupakan faktor terpenting dalam permasalahan lingkungan di Kota Surabaya. Terlebih lagi untuk masalah pencemaran lingkungan. Namun manusia masih membuang sampah tidak ditempatnya. Untuk mengurangi dan mengatasi pencemaran lingkungan akibat sampah plastik, kaleng yang dibuang sembarangan. Penelitian ini mencoba menciptakan suatu alat otomatis pemilah sampah logam, organik dan anorganik menggunakan sensor proximity induksi dan sensor proximity kapasitif. Setelah objek dideteksi sensor maka motor servo akan aktif pada sudut 90° dan akan memilah objek tersebut. Semua sistem tersebut di atur oleh mikrokontroller ATMega 32. Dari pengujian yang dilakukan, alat dapat memilah serta sensor proximity dapat membedakan sampah logam, organik dan anorganik. Hasil dari sampah sejenis yaitu sampah organik rata-rata presentase keberhasilannya 79,125%, sampah logam rata-rata presentase keberhasilannya 80%, sampah anorganik rata-rata presentase keberhasilannya 100%, dikarenakan sensor proximity tidak bisa mendeteksi sampah anorganik dengan jarak deteksi sensor proximity kapasitif antara 1 – 15 mm dan proximity induktif antara 1 – 2 mm. Dalam penelitian ini juga menguji sampah campuran dari logam, organik dan anorganik yang dipilah sesuai jenis sampah tersebut. Rata-rata presentase keberhasilan sampah campuran yaitu 84,975%


Keywords


ATmega 32; Proximity Kapasitif; Proximity Induktif; Motor Servo

Full Text:

PDF

References


Fatah, A., Taruna, T., & Purnaweni, H. (2014). Konsep Pengelolaan Sampah Berbasis Teologi. Jurnal Ilmu Lingkungan, 11(2), 84.

Aritonang, P. L. E., Bayu, E. C., K, S. D., & Prasetyo, J. (2017). Rancang Bangun Alat Pemilah Sampah Cerdas Otomatis. Snitt, 375–381.

Turmahun, Azhar, & Finawan, A. (2017). Rancang Bangun Pemisah Benda Logam dan Non Logam Menggunakan Elektro Pneumatic. Jurnal Tektro, 1(1), 42–48.

Iswanto, (2011). Belajar Mikrokontroler AT89S51 dengan Bahasa C. Yogyakarta: ANDI.

Arismarjito, R. (2011). “Lengan Otomatis Sebagai Pemisah Barang Berdasarkan Warna dengan Menggunakan Atmega8525”. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.