Karakteristik dan Bangkitan Perjalanan Pada Kawasan Perumahan UKA Kecamatan Benowo Surabaya

Mutiara Firdausi, Nafilah El Hafizah

Abstract


Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Surabaya tahun 2019, Surabaya merupakan kota terbesar ke-2 se Indonesia dengan jumlah penduduk sebesar 3.100.000 jiwa. Sebagai kota terbesar ke-2 Se Indonesia, Surabaya memiliki banyak perumahan untuk menampung kehidupan warganya. Salah satu perumahan yang ada di Surabaya yaitu perumahan UKA, yang terletak di Jl. Kendung, kel. Sememi, Kec. Benowo, Surabaya. Kebanyakan penduduk perumahan UKA keluar dari lingkungan perumahan untuk bekerja, sekolah, kuliah, belanja dan lainnya. Dengan adanya perumahan UKA di daerah Surabaya barat seringkali terjadi kemacetan lalu lintas akibat bangkitan penduduk perumahan UKA melewati jalan Sememi – Manukan untuk menuju pusat kota Surabaya. Di jalan Sememi – Manukan banyak tempat seperti pergudangan jadi banyak kendaraan seperti truk dan trailer yang melewati jalan Sememi - Manukan yang menuju ke jalan tol dan pusat kota Surabaya. Hal tersebut yang menjadi tujuan dari penelitian ini untuk membuat model bangkitan perjalanan terhadap Perumahan UKA Surabaya. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan uji statistik diperoleh model persamaan Y = -0,358 - 0,63 X1 + 0,866 X2+ 0,808 X3+ 0,084 X4 dengan variabel bebas X1 Jumlah anggota keluarga,  X2 adalah Jumlah anggota keluarga bekerja, X3 adalah Jumlah anggota keluarga bersekolah, dan X4 adalah jumlah pendapatan rata-rata. Terdapat 2 faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi bangkitan perjalanan di perumahan UKA yaitu Jumlah anggota keluarga bekerja (X2) , dan Jumlah anggota keluarga bersekolah (X3). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh jumlah bangkitan per 1 sampel populasi penduduk perumahan UKA sebesar 3 perjalanan/hari dan total bangkitan perumahan UKA dengan 303 sampel populasi sebesar 797 perjalanan/hari.

Keywords


Bangkitan Perjalanan; Perumahan; Regresi Linear Berganda

Full Text:

PDF

References


Bella, Rosmiyati A. Malaikosa, Kharson. Fanggidae, Linda W. 2013. Pemodelan Bangkitan Perjalanan Berbasis Rumah Tangga Di Kompleks RSS. Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang. Kupang : Universitas Nusa Cendana.

Hikbar, Akbar. Anggraini, Renni. 2018. Model Bangkitan Pergerakan Penduduk Di Kabupaten Aceh Barat Daya Berdasarkan Struktur Rumah Tangga Dan Pendapatan Keluarga. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Fidel Miro S.E, 2005 Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga Jakarta

Pradana, M Fakhruriza. B, Rindu Twidi. dan Ferhad, Muhamad. 2013. Pemodelan Bangkitan Pergerakan Pada Perumahan Pondok Cilegon Indah Kota Cilegon. Cilegon : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Tamin, ofyar Z. 2000. Perencanaan & Pemodelan Transportasi. Bandung : ITB.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. ALFABETA.

Nuryadi. 2017. Dasar - dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta : Sibuku Media

Uyanto, S. Stanislaus. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Jakarta:Graha Ilmu

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Sarwono, Jonathan. 2013. Statistik Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta : Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.