Studi Sosial Pemanfaatan Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) Sebagai EBT dengan Analisis Swot di Pantai Baru Srandakan Bantul

Hidayat Tulloh, Cahyadi Julianto, Aldi Priambodo, Muhammad Rizky Nugroho

Abstract


PLTH Pantai Baru merupakan salah satu PLTH yang memanfaatkan energi angin dan energi matahari yang meliputi 34 unit turbin angin dengan kapasitas total 121 kW dan 238 unit sel surya dengan kapasitas total 17,5 kWp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator kepuasan dari masyarakat pengguna PLTH dan sekaligus sebagai koreksi terhadap pengelola PLTH dan pemerintah. Metodologi penelitian yang digunakan berupa observasi dengan membagikan kuisioner kepada masyarakat sekitar PLTH. Konten kuisioner berupa pemahaman warga terhadap PLTH, pelayanan PLTH, serta kepuasan warga terhadap PLTH dan selanjutnya dilakukan analisis SWOT untuk mengolah data. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, masyarakat setuju bahwa biaya listrik PLTH lebih murah dibandingkan biaya listrik PLN. Selain itu masyarakat juga setuju jika pemerintah telah mendukung proses pemanfaatan PLTH dengan persentase 70%. Tingkat kepuasan warga terhadap adanya PLTH sebesar 94%. Masyarakat sekitar berharap pengelolaan PLTH ditingkatkan dengan diadakannya sosialisasi kepada masyarakat. Harapan lain dari warga sekitar pantai pun agar pemerintah membangun PLTH di tempat lain agar masyarakat daerah lain dapat merasakan manfaat d pembangkit listrik yang jauh lebih murah dari pembangkit listrik dari PLN.


Keywords


PLTH; EBT; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Anggraini,dita. 2016. “Analisis Potensi Angin di Pantai Baru Pandansimo Kabupaten Bantul”. Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Suhartanto, Tri. 2014. “Analisis Kinerja Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hidrid (Angin dan Surya) di Pantai Baru Pandansimo Bantul Yogyakarta”. Tesis. Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Robbany, Izzuddin. 2018. “Simulasi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Bayu pada PLTH Bayu Baru Bantul D.I Yogyakarta”. Tesis. Fakultas Teknologi Industri. Universitas Islam Indonesia.

Philip Kotler, dan Kevin Lane Keller.2016.” Manajemen Pemasaran”. Jakarta:Indeks,2016.

Freddy Rangkuti.2013.”Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pearce Robinson.1997”Manajemen Strategik Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian”.Jakarta: Bina Rupa Aksara, 1997.

Bappeda, Bantul. 2010. “Menggapai Indonesia Bisa : Teknologi Energi Listrik Hibrid di Bantul, DIY”. Kementrian Riset dan Teknologi ISBN : 978-602-96316-1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.