Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Memenuhi Kebutuhan Listrik pada Kolam Pemancingan di Desa Kalanganyar Sedati Sidoarjo

Khairani Rizqi Amalia Siregar

Abstract


Kolam pemancingan Laguna milik bapak H. Sam di Desa Kalanganyar Sedati Sidoarjo merupakan salah satu dari beberapa kolam pemancingan yang tidak mendapatkan pasokan listrik dari PLN. Hal ini disebabkan kolam pemancingan tersebut terletak pada daerah tambak garam yang jauh dari pemukiman warga, sehingga kolam pemancingan tersebut tidak dapat beroperasi pada malam hari karena tidak adanya pasokan listrik yang digunakan untuk penerangan di malam hari. Pada penelitian ini, fokus penelitian hanya di sisi perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya saja dengan merancang kontroller dengan topologi buck converter dengan namun  dengan mengimplementasikan MPPT menggunakan  algortima Peturb and Observe pada stand alone photovoltaic system. Sistem yang diusulkan terdiri dari: stand alone solar cell,  kontroler, media penyimpanan dan beban penerangan kolam pemancingan. Kontroller yang dibangun diharapkan dapat menstabilkan nilai keluaran daya dari sel surya. Pengujian tanpa MPPT, pengisian baterai dengan menggunakan solar cell dalam kondisi cuaca yang berawan atau mendung selama 100 menit menunjukkan tegangan charging yang keluar rata-rata  14.59 volt dan arus charging rata-rata 0.429 ampere. Sedangkan pengujian dengan MPPT pengisian baterai dengan menggunakan solar cell dalam kondisi cuaca yang cerah menunjukkan tegangan charging yang keluar rata-rata  13,4  volt dan arus charging rata-rata 1,21 ampere

Keywords


Pembangkit Listrik Tenaga Surya; Solar cell; Buck Converter; MPPT; Peturb and Observe

Full Text:

PDF

References


Siregar, Khairani Rizqi Amalia,“Rancang Bangun Pembangkit Listrik Hybrid untuk Sistem Penerangan pada Kolam Pemancingan Ikan Bandeng di Desa Kalanganyar Sedati Sidoarjo, ” Jurnal Proyek Akhir PENS, Vol. 2, 2015.

Hasan, Hasnawiya, “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Pulau Saugi,” Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan, Vol.10, No.2, 2012.

Ramadhan, Ilmar Anwar, Diniardi, Ery dan Mukti, Sony Hari, “Analisis Desain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 50 WP, “DOI:10.14710/teknik.v37n2.9011, 2016.

Putra, Sandro dan Rangkuti, Ch., “Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Secara Mandiri untuk Rumah Tinggal,” Seminar Nasional Cendekiawan, 2016.

Faizal, Ahmad & Setyaji, Bagus, “Desain Maximum Power Point Tracker (MPPT) pada Panel Surya dengan Menggunakan Metode Sliding Mode Control,” Jurnal Sains Teknologi dan Industri, Vol.14, No.1, 2016.

Effendi, M Zaenal, “DC-DC Converter,”.Surabaya. EEPIS-ITS Press., 2009.

Dutta,Ananya, Niloy Barua, Aninda Saha , “Design of an Arduino based Maximum Power Point Tracking (MPPT) Solar Charge Controller,” Thesis Department of Electrical and Electronic Engineering of BRAC University, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.