Langgam Kontemporer Pada Rancangan Fasilitas dan Galeri Layanan Produk Kustom Di Surabaya

Moch. Fauzan Al-Kahfi, Failasuf Herman Hendra, Siti Azizah

Abstract


Munculnya jasa kustom barang-barang fashion semakin menghiasi pertumbuhan industri ekonomi kreatif di Indonesia. Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dengan kegiatan perekonomian yang sangat besar, perkembangan industri ekonomi kreatif juga sangat pesat. Dirancangnya Fasilitas dan Galeri Layanan Produk Kustom di Surabaya merupakan upaya untuk mewadahi kegiatan industri ekonomi kreatif dan sebagai barometer untuk menunjukkan hasil karya para desainer grafis dengan keontentikannya yang tinggi. Penggunaan tema Arsitektur Kontemporer dalam perancangan bangunan ini diharapkan dapat menampilkan suatu karakter atau identitas dari fasilitas dan galeri itu sendiri. Tidak hanya itu Arsitektur Kontemporer juga untuk memadukan antara objek bangunan dengan lingkungan sekitar, sehingga menciptakan suatu kesatuan yang padu antara objek dan juga lingkungan di sekitarnya. Dalam proses analisisnya menggunakan metode deskriptif dan studi kasus. Konsep makro otentik merupakan arahan terhadap karakter arsitektur yang merepresentasikan keaslian karya kreatif. Mikro konsep simbiosis adalah untuk menciptakan keterpaduan bangunan dengan lingkungannya. Mikro konsep bentuk ekspresif adalah untuk membangun persepsi tentang wadah kegiatan kreatif. Mikro konsep ruang tumpang tindih untuk mengakomodasikan fungsi ruang yang fleksibel. Dirancangnya Fasilitas dan Galeri Layanan Produk Kustom di Surabaya ini diharapkan mampu menampung kegiatan desain kustom dan juga merepresentasikan kegiatan desain kustom lewat perancangan sebuah bangunan

Keywords


produk kustom; industri kreatif; Arsitektur Kontemporer

Full Text:

PDF

References


W. Martokusumo, “Arsitektur Kontemporer Indonesia, Perjalanan Menuju Pencerahan 1,” pp. 1–8, 2007.

K. Aji, L. Sakti, W. W. Widjajanti, H. Hendra, J. Arsitektur, and F. Teknik, “LANGGAM KONTEMPORER DI SURABAYA.”

V. Santoso, “Perancangan Galeri Seni Lukis Ivan Hariyanto di Surabaya,” vol. 2, no. 2, pp. 14–19, 2014.

D. Aryani and F. Rosinta, “Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan,” J. Ilmu Adm. dan Organ., vol. 17, no. 2, pp. 114–126, 2010.

H. Y. dan L. P. Febrianti, Ismaniasita Nur, “Penerapan Arsitektur Kontemporer Dalam Perancangan Pusat Jasa Pernikahan Di Bekasi,” Univ. Sebel. Maret Surakarta, vol. I, no. 1, pp. 45–46, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/article/view/662.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.