Perancangan Komplek Turnamen E-Sport, di Surabaya Dengan Tema Arsitektur Futuristik

Aldi Salvian Ramadhan, Suci Ramadhani, Failasuf Herman Hendra

Abstract


Minimnya fasilitas dan tempat turnamen game online guna menampung kegiatan turnamen dan kurangnya tempat turnamen yang menyebabkan penggunaan bangunan umum seperti mall yang bukan selayaknya dipakai untuk kegiatan turnamen, sementara dilihat dari segi lain kurang efektif untuk mewadahi pelaksanaan turnamen. Komunitas dan organisasi juga semakin banyak akibat game online yang membuat perkembangan game semakin pesat dan banyak kompetisi turnamen game muncul serta banyak peminat game online yang ingin mengikuti turnamen. Ajang turnamen yang sering dipakai dan dikembangkan adalah turnamen E-Sport. E-Sport merupakan cabang olahraga yang berbasis electronic atau game, E-Sport tersebut berbasis Mobile. Kota Surabaya adalah kota terbesar di Provinsi Jawa Timur, dimana kota Surabaya memiliki luas sekitar 350,54 km² dengan penduduknya berjumlah 2.941.981 jiwa (2019). Kota Surabaya juga memiliki presentase yang sering meningkat dalam dunia game setiap tahunnya. Angka presentase game online meningkat mulai dari tahun 2014 (45%), 2015-2016 (53,18%), 2017-2019 (54%). Oleh sebab itu perlu dibuatkan desain bangunan turnamen yang dapat menampung dan memfasilitasi kegiatan ajang turnamen E-Sport. Menggunakan Tema Arsitektur Futuristik dengan tujuan untuk memfasilitasi turnamen dan juga membangun bangunan yang lebih mengutamakan teknologi dimasa depan, karena Arsitektur Futuristik juga memanfaatkan kemajuan teknologi dengan cara menggunakan bahan seperti beton, baja, dan alumunium sebagai bahan bangunannya.

Keywords


Arsitektur, Futuristik, E-Sport, Perancangan, Turnamen

Full Text:

PDF

References


B. A. B. Ii, A. L. Teori, and M. P. Kooperatif, “Penerapan Model Pembelajaran..., Nely Nur Farkhati, FKIP, UMP, 2016,” pp. 6–40, 2016.

S. Felix et al., “Perancangan Interior ROG Gaming Center di Surabaya,” vol. 6, no. 2, pp. 316–324, 2018.

L. Aritonang and W. Chandra, “Aplikasi Penataan Ruang Dengan Gaya Desain Futuristik Pada Cyber Café Sebagai Pengembangan Bisnis Cyber Game Café Di Medan,” J. Sains dan Teknol. ISTP, vol. 06, no. 01, pp. 22–28, 2016, doi: 2356-0878.

L. Belakang and P. Gamer, “PROFESIONAL GAMER E-SPORTS MOBA,” vol. IV, no. 2, pp. 681–688, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.